Jalan Raden Patah Kebayoran Ditata Jadi Sentra Kuliner

Kompas.com - 24/04/2021, 13:27 WIB
Penataan kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) Higienis di Jalan Raden Patah. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.Penataan kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) Higienis di Jalan Raden Patah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Higienis di Jalan Raden Patah, Jakarta Selatan.

Jalan ini terletak di belakang Kantor Pusat Kementerian PUPR yang menjadi salah satu kawasan kuliner kaki lima di Jakarta. 

Baca juga: KPK dan Buruknya Pengetahuan tentang Trotoar

Kondisi Jalan Raden Patah ini tampak kumuh dan tak sedap dipandang. Oleh karena itu, dilakukan penataan PKL Higienis demi mengedepankan kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan kemudahan baik bagi para pedagang maupun pembeli.

Direktur Jenderal Cipta (Ditjen) Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti megungkapkan, pembangunan PKL Higienis ini merupakan ide dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: 6 Hal Ini Batasi PKL Berjualan di Trotoar

“Bapak Menteri PUPR ingin menyediakan tempat makan higienis bagi para karyawan Kementerian PUPR agar dapat mendapatkan makanan yang terjamin kebersihan dan kesehatannya," tutur Diana dalam siaran pers, Sabtu (24/04/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari itu, penataan PKL Higienis ini dilakukan agar kawasan tersebut menjadi percontohan di Jakarta.

Desain PKL Higienis ini merupakan hasil pemenang sayembara dikalangan Pegawai Negara Sipil (PNS) Muda Kementerian PUPR.

Penataannya dilakukan dengan membangun prasarana jalan agar fungsi jalur pejalan kaki dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya.

Baca juga: Pengamat: Trotoar di Jalan Protokol, Surga bagi PKL

Awalnya, penataan PKL Higienis bisa dilakukan dengan melakukan sayembara gagasan desain pada Tahun 2019 dalam rangka mendapatkan konsep gagasan yang dapat diterapkan di lokasi.

Selanjutnya, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya melaksanakan penataan PKL Higienis mulai 12 Oktober 2020 dengan target penyelesaian 8 Juni 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X