Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2021, 13:27 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Higienis di Jalan Raden Patah, Jakarta Selatan.

Jalan ini terletak di belakang Kantor Pusat Kementerian PUPR yang menjadi salah satu kawasan kuliner kaki lima di Jakarta. 

Baca juga: KPK dan Buruknya Pengetahuan tentang Trotoar

Kondisi Jalan Raden Patah ini tampak kumuh dan tak sedap dipandang. Oleh karena itu, dilakukan penataan PKL Higienis demi mengedepankan kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan kemudahan baik bagi para pedagang maupun pembeli.

Direktur Jenderal Cipta (Ditjen) Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti megungkapkan, pembangunan PKL Higienis ini merupakan ide dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: 6 Hal Ini Batasi PKL Berjualan di Trotoar

“Bapak Menteri PUPR ingin menyediakan tempat makan higienis bagi para karyawan Kementerian PUPR agar dapat mendapatkan makanan yang terjamin kebersihan dan kesehatannya," tutur Diana dalam siaran pers, Sabtu (24/04/2021).

Lebih dari itu, penataan PKL Higienis ini dilakukan agar kawasan tersebut menjadi percontohan di Jakarta.

Desain PKL Higienis ini merupakan hasil pemenang sayembara dikalangan Pegawai Negara Sipil (PNS) Muda Kementerian PUPR.

Penataannya dilakukan dengan membangun prasarana jalan agar fungsi jalur pejalan kaki dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya.

Baca juga: Pengamat: Trotoar di Jalan Protokol, Surga bagi PKL

Awalnya, penataan PKL Higienis bisa dilakukan dengan melakukan sayembara gagasan desain pada Tahun 2019 dalam rangka mendapatkan konsep gagasan yang dapat diterapkan di lokasi.

Selanjutnya, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya melaksanakan penataan PKL Higienis mulai 12 Oktober 2020 dengan target penyelesaian 8 Juni 2021.

Pekerjaan dengan anggaran Rp 22,2 miliar ini dilaksanakan oleh kontraktor PT Ganiko Adiperkasa, konsultan supervisi PT Sava Bintang Padang, serta konsultan perencana tenaga ahli individual.

Penataan kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) Higienis di Jalan Raden Patah.Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR. Penataan kawasan Pedagang Kaki Lima (PKL) Higienis di Jalan Raden Patah.
Adapun luas total penataan PKL Higienis di Jalan Raden Patah mencapai 1.652,57 meter persegi yang terbagi menjadi tiga kawasan.

Ketiga kawasan itu yakni, kawasan utara atau mulai dari Gerbang Bina Marga sampai Gerbang Raden Patah dengan panjang 126 meter seluas 717,01 meter persegi.

Kemudian, jembatan 46 meter seluas 92,97 meter persegi, dan kawasan selatan dimulai dari Gerbang Raden Patah hingga Gerbang Sumber Daya Air sepanjang 156 meter dengan luas 842,59 meter persegi.

Hingga kini, total progres konstruksi di tiga kawasan itu sudah mencapai 57,57 persen.

Lingkup pekerjaan penataan ini meliputi persiapan, pondasi bore pile, struktur bawah dan atas, arsitektur, serta mekanikal, elektrikal, plumbing (MEP).

Setelah penataan selesai, akan ada 69 pedagang yang menempati unit-unit yang telah disediakan di PKL Higienis ini.

Penataan PKL Higienis ini diharapkan tidak hanya meningkatkan estetika, kenyamanan, dan kebersihan kawasan kuliner. Selain itu, meningkatkan pendapatan para PKL yang termasuk ke dalam kategori usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com