Masjid Penzberg, Serba Metal dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 21/04/2021, 21:00 WIB
Masjid Penzberg Jerman www.mosqpedia.orgMasjid Penzberg Jerman

JAKARTA, KOMPAS.com - Masjid Penzberg merupakan salah satu struktur kontemporer dengan desain arsitektur modern yang terletak di dekat pusat Kota Penzberg distrik Weilheim-Schongau, Bayern, Jerman.

Penzberg adalah sebuah kota dengan jumlah penduduk sekitar 16.000 jiwa yang berada di bagian selatan Jerman, yaitu di kaki Pegunungan Alpen.

Muslim merupakan minoritas di kota ini, hanya berjumlah sekitar seribu jiwa.

Masjid Penzberg mendapatkan penghargaaan Wessobrunner Architekturpreis sebagai karya arsitektur masjid terbaik di seluruh negara Bagian Bayern, Jerman.

Baca juga: Masjid Masa Kini, Tanpa Kubah dan Mengusung Konsep Kesetaraan Gender

Hal ini karena gaya arsitektur yang berbeda dengan sebagian besar masjid-masjid di Jerman umumnya yang berlanggam Turki Ottoman di mana kubah dan menara sebagai ciri khasnya.

Bentuk Masjid Penzberg ini kotak dengan dinding tegak lurus di setiap bidang dindingnya.

Berbahan metal baja

Dilansir Architectuul, menara Masjid Penzberg dibuat modern dengan susunan tiga buah kubus baja antikarat yang telah diukir kaligrafi setinggi 13 meter.

Kaligrafi bahasa Arab yang tertulis di menara tersebut berisi teks berupa ajakan untuk mendirikan shalat.

Selain itu, terdapat pintu utama yang terbuat dari bahan metal polos. Hal ini juga tentu tak seperti kebanyakan masjid pada umumnya yang memiliki pintu utama yang terbuat dari bahan kayu berukir.

Di atas pintu terdapat sebuah jendela besar yang memantulkan warna langit dan awan Kota Penzberg.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X