Kompas.com - 11/04/2021, 09:36 WIB
Ilustrasi essential oil atau minyak esensial. SHUTTERSTOCK/MADELEINE STEINBACHIlustrasi essential oil atau minyak esensial.

KOMPAS.com - Para pecinta lingkungan kini makin intensif menggunakan bahan pembersih alami, dan meninggalkan penggunaan bahan kimia berbahaya.

Penggunaan cuka, baking soda dan essential oil beraroma vanili yang relatif lebih aman dari pembersih komersial membuatnya semakin populer di antara ibu rumah tangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Trik Membuat Ruang Penyimpanan di Dapur Sempit

Berikut ini cara membuat pembersih oven dengan keharuman vanili dari Yum Universe.

Pertama

Siapkan kuas pastry untuk memoles pembersih ke dalam oven, dua mangkuk kaca ukuran senang, spons kasar (biasanya berwarna hijau), dan satu sendok.

Anda juga membutuhkan bahan-bahan berikut ini, satu sendok makan sabun cair, satu setengah cangkir baking soda, dua sampai empat tetes essential oil dengan keharuman vanili, seperempat cangkir cuka putih, serta air secukupnya.

Setelah mengumpulkan semua alat dan bahan, segera campurkan semua bahan dalam mangkuk kaca.

Gunakan sendok untuk mencampur semua bahan dan oleskan dengan menggunakan kuas pastry ke dalam seluruh bagian dalam oven.

Selanjutnya, biarkan selama enam hingga delapan jam. Meninggalkan oven yang bagian dalamnya sudah dilumuri solusi pembersih ini juga dianjurkan.

Kedua

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.