Berdayakan Pedagang Kaki Lima, Perusahaan Indonesia Juara Kompetisi Alibaba Jumpstarter 2021

Kompas.com - 24/03/2021, 20:00 WIB
Founder Outpos Shariff Raffi. Dok. Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund (AEF).Founder Outpos Shariff Raffi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan start-up (rintisan) asal Indonesia, Outpos, memenangi penghargaan pada kategori ritel di kompetisi Alibaba Jumpstarter 2021 Global Pitch.

Kompetisi startup pitch terbesar itu diselenggarakan oleh Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund.

Outpos merupakan salah satu dari 10 perusahaan terbaik di antara lebih dari 2.000 peserta dari berbagai penjuru dunia yang berlomba untuk memenangkan dua hadiah utama.

Perusahaan rintisan itu menjadi jawara karena telah memberdayakan para pedagang kaki lima dalam menghadirkan menu santapan tradisional menggunakan teknologi masa depan.

Outpos memanfaatkan solusi digital untuk mengintegrasikan para pedagang kaki lima ke ekosistem street food modern (makanan kaki lima) dengan biaya dan waktu jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membuka restoran.

Atas kemenangannya itu, Outpos menerima pujian dari para juri karena memberikan inovasi, potensi pasar, dan dampak sosial positif.

Founder Outpos Shariff Raffi mengatakan, menjadi partisipan pada Alibaba Jumpstarter 2021 merupakan pengalaman berharga baginya, terutama Outpos masih menjadi perusahaan rintisan.

Baca juga: Investor Ritel Tumbuh 48,82 Persen, OCBC NISP Gelar Program Peningkatan Literasi Keuangan

"Kami senantiasa berupaya untuk menyempurnakan produk dan menyediakan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh target konsumen kami," ucap Shariff dalam siaran pers, Selasa (24/3/2021).

Secara khusus, Outpos berupaya untuk memodernisasi pedagang makanan kaki lima untuk mengintegrasikan mereka ke dalam masyarakat dan lanskap kota yang kian terdigitalisasi.

Untuk diketahui, Pandemi Covid-19 membuat kompetisi Jumpstarter 2021 tahun ini diselenggarakan pertama kalinya secara daring.

Atas dukungan mitra kolaborasi, lebih dari 220 sesi semi-pitching diselenggarakan secara daring dan menarik lebih dari 126.000 penonton dari seluruh dunia.

Hal tersebut menjadikan kompetisi tahun ini menjadi yang terbesar sejak acara perdananya. Artinya, ini menunjukkan semangat para perusahaan rintisan dan pendukungnya meski di tengah kondisi Pandemi Covid-19. 

Selain kesempatan untuk mendapatkan pendanaan, Alibaba Hong Kong Entrepreneurs Fund juga menawarkan 20 partisipan Jumpstarter 2021 untuk mengikuti program Alibaba Netpreneur Training.

Program tersebut dirancang untuk membekali para wirausahawan dan pelaku bisnis dengan pengetahuan dan masukan yang dapat membantu mereka berkembang di ekonomi digital.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X