KEK Lido Diprediksi Ciptakan Kutub Pertumbuhan Baru Koridor Selatan

Kompas.com - 16/02/2021, 17:00 WIB
MNC Lido City. Dok. PT MNC Land Tbk.MNC Lido City.

JAKARTA, KOMPAS.com - MNC Lido City di Bogor, Jawa Barat, resmi ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Lido dalam sidang Dewan Nasional KEK, Rabu (10/2/2021).

Dengan status baru ini, KEK Pariwisata Lido dinilai akan mendorong stimulasi perkembangan daerah di koridor selatan Jakarta.

Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan, koridor selatan akan berkembang melalui terobosan pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi.

"Penetapan KEK Pariwisata Lido memberikan tambahan kutub pertumbuhan yang bernilai strategis, khususnya di Kabupaten Bogor," urai Syraiefah menjawab Kompas.com, Minggu (14/02/2021).

Baca juga: Lido dan JIIPE Jadi Kawasan Ekonomi Khusus, Potensial Raup Investasi Ratusan Triliun

Menurut Syariefah, penetapan status tersebut tentu setelah mempertimbangkan berbagai hal, terutama keunggulan wilayah tersebut.

Lika-liku rencana pengembangan KEK Pariwisata Lido Kawasan Lido pada hakikatnya dikembangkan untuk kegiatan wisata berbasis sumber daya alam.

Di sini akan dikembangkan kawasan pariwisata yang terintegrasi dan bertaraf internasional, seperti theme park, resort hotelconvention center, agrowisata, golf court, wahana air, ritel, educational center & training digital, sport center, entertainment and retirement center.

Konsep pengembangan pariwisata ini didukung infrastruktur konektivitas melalui pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Dengan luas lahan 3.000 hektar, Syariefah memperkirakan, butuh waktu yang relatif panjang untuk mengembangkan kawasan ini.

Baca juga: Mengintip MNC Lido City, Proyek Hary Tanoe yang Disahkan Jadi KEK Bertaraf Internasional

Namun demikian, dia optimistis, dengan Lido menjadi KEK Pariwisata, menunjukkan kesiapan Pemerintah dan stakeholders dalam pengelolaan kawasan yang telah memperhitungkan kelayakan bisnis, dan finansial.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X