KAI Tambah 6 Stasiun Layanan Pemeriksaan GeNose C19

Kompas.com - 14/02/2021, 17:31 WIB
Penumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Dokumentasi PT KAI Daop 1 JakartaPenumpang kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah enam stasiun yang dapat melayani pemeriksaan Genose C19 mulai Senin (15/02/2021).

Sebelumnya, layanan pemeriksaan ini hanya tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.

Dengan demikian, menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, total terdapat 8 stasiun yang telah melayani pemerikasaan Genose C19 yaitu Stasiun Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi.

Biaya untuk mendapatkan layanan pemerikasaan Genose C19 ini adalah sebesar Rp 20.000.

Baca juga: Gapeka Berlaku 10 Februari 2021, Ini Perubahan Layanan Kereta Api

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," ujar Joni dalam keterangan tertulis, Minggu (14/02/2021).

Joni menjelaskan, layanan pemeriksaan GeNose C19 merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, jumlah stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 akan terus ditambah secara bertahap.

"Sejak dibuka pada 3 Februari 2021 hingga 12 Februari 2021, KAI telah melayani 21.530 peserta GeNose C19 di stasiun," ungkap Joni.

Untuk diketahui, sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X