Monumen Anti-rasial Didirikan, Hormati Martin Luther King

Kompas.com - 22/01/2021, 12:00 WIB
Monumen perdamaian anti rasial The Embrace akan dipasang di Taman Boston Common Amerika Serikat pada 2022 NYTimes.comMonumen perdamaian anti rasial The Embrace akan dipasang di Taman Boston Common Amerika Serikat pada 2022

KOMPAS.com - Sebuah monumen atau tugu untuk keadilan rasial akan dipasang di taman Boston Common, pada Tahun 2022.

Boston Common merupakan taman pertama dan tertua di Amerika. Taman tersebut berada di pusat kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Monumen atau tugu yang akan dipasang dengan nama "The Embrace" ini dirancang oleh seorang arsitek, Hank Willis Thomas. Dia berkolaborasi dengan MASS Design Group.

Melansir NYTimes, pemasangan tugu ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap Pendeta Martin Luther King Jr. dan Coretta Scott King.

*Monumen, tugu peringatan perunggu setinggi tujuh meter ini untuk menghormati komitmen Pendeta Martin Luther King Jr. dan Coretta Scott King terhadap kesetaraan rasial," kata sang arsitek.

Baca juga: Capitol Hill, Contoh Sempurna Arsitektur Neoklasik

Martin Luther King merupakan aktivis sosial yang memimpin pergerakan hak-hak sipil di Amerika Serikat pada pertengahan 1950 hingga tewas terbunuh 4 April 1968.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia berperan besar dalam perlawanan mengakhiri undang-undang pemisahan rasial antara keturunan Afrika Amerika dengan warga kulit putih, terutama di wilayah selatan.

Namanya mulai dikenal secara nasional saat dia menjadi pemimpin Konferensi Kepemimpinan Kristen Selatan (SCLC) yang menyuarakan perlawanan tanpa kekerasan oleh masyarakat kulit hitam Amerika untuk mendapatkan hak-hak sipil mereka.

Perjuangan dan peranannya dalam melawan praktik undang-undang pemisahan rasial itu membawanya menjadi peraih penghargaan Nobel Perdamaian pada 1964.

Sementara Coretta Scott King merupakan istri dari Martin Luther King yang juga aktivis dalam  memperjuangkan hak-hak sipil dan keadilan rasial masyarakat kulit hitam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X