Usai Ditata, Bukit Cinta Rawa Pening dan Bandungan Makin Memesona

Kompas.com - 10/01/2021, 21:00 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan. Kementerian PUPRKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo Bandungan.

Penataan dua kawasan wisata menghabiskan anggaran sebesar Rp 69,5 miliar. Tujuannya untuk mendukung aktivitas wisata yang ada dengan menyediakan infrastruktur yang nyaman dan layak.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/01/2021).

Baca juga: Basuki Ingin Program Citarum Harum Diterapkan Juga di Rawa Pening

Penataan Kawasan Bukit Cinta Rawa Pening dilaksanakan mulai 14 Mei 2018 dan rampung pada 17 Desember 2019.

Bukit cinta merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan di Danau Rawa Pening. Di lokasi ini wisatawan dapat menikmati pemandangan cantik Rawa Pening.

Saat memasuki kawasan danau, pengunjung juga dapat memancing ikan, berperahu mengelilingi danau melihat pemandangan Gunung Merbabu serta Gunung Telomoyo.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sebagai tempat pariwisata, danau ini memiliki peran penting sebagai sumber air bagi irigasi, pembangkit listrik di Sungai Tuntang, perikanan air tawar, dan pengendalian banjir.

Lingkup kegiatan penataan Kawasan Bukit Cinta meliputi penataan area gerbang Bukti Cinta, penataan area parkir dan kios suvenir, penataan dan perluasan plaza penerima ticketing, penataan area lansekap dan bangunan pendukung di Taman Bukit Cinta.

Kemudian dilakukan juga pengembangan dan perluasan promenade, view point dan dermaga perahu, pengembangan area promenade, jalur broadway dan amphiteater, serta pengembangan prasarana lingkungan permukiman di sekitar Bukit Cinta.

Selanjutnya, Penataan Kawasan Gedong Songo Bandungan yang berlokasi di Dusun Darum, Kecamatan Bandungan, Kabupaten semarang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X