Kompas.com - 03/01/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi ruang kerja di rumah. SHUTTERSTOCK/SEVENTYFOURIlustrasi ruang kerja di rumah.

KOMPAS.com - Dengan semakin banyaknya orang yang bekerja dari rumah di tengah pandemi Covid-19 ini, kantor rumah atau home office telah menjadi ruang penting.

Namun membuat ruang kerja profesional dilengkapi dengan fasilitas seperti di kantor membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Karenanya, untuk menghemat anggaran membuat kantor di rumah, Anda harus terlebih dahulu merencanakan secara matang konsepnya.

Baca juga: Cara Menjual Furnitur Bekas dengan Harga Terbaik

Berikut caranya:

1. Tentukan ruang kantor kerja Anda

Untuk efisiensi terbesar dalam pekerjaan, temukan ruang yang dapat didedikasikan untuk area kantor rumah.

Anda dapat memanfaatkan ruang apa pun untuk kantor rumah misalnya di bawah tangga, kamar cadangan, atau sudut ruang tamu yang tidak terpakai.

2. Buat denah lantai

Mulailah mengukur luas ruang kantor yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki ruang terbatas, alokasikan ruang yang kecil dengan perlengkapan atau perabotan yang juga minimalis.

Misalnya, membeli meja, bangku, karpet dengan ukuran yang kecil. Dengan cara seperti itu Anda dapat membuat ruang kantor terbaik sesuai dengan kebutuhan dan luas ruang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X