Kompas.com - 03/12/2020, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) kembali mendapatkan kontrak baru senilai Rp 161 miliar untuk menangani proyek renovasi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (RS Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Perseroan telah melakukan penandatanganan kontrak proyek tersebut, Selasa (27/10/2020).

Proyek ini akan memakan waktu pengerjaan 390 hari kalender yang ditargetkan rampung pada akhir November 2021 mendatang.

RS Unhas merupakan pusat pelayanan kesehatan di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Unhas sendiri.

Direktur Operasi III Hutama Karya Ferry Febrianto mengatakan, Perseroan selaku kontraktor dalam pembangunan RS Unhas tentunya akan memaksimalkan pekerjaan dengan baik agar bisa difungsikan secara maksimal.

Dalam pembangunan RS ini, Hutama Karya akan fokus pada beberapa hal yakni, kualitas bangunan, pengerjaan maksimal, dan mengedepankan Quality, Health, Safety and Environment (QHSE).

Baca juga: Hutama Karya Siap Bangun Dermaga TBBM Milik Pertamina

"Mengingat, bangunan ini nantinya akan digunakan sebagai sarana pendidikan dan juga pelayanan kesehatan,” ujar Ferry dalam siaran pers, Kamis (3/12/2020).

Dalam pengerjaan renovasi pembangunan RS ini, Hutama Karya akan mengerjakan Gedung B, C, dan D yang meliputi persiapan, ruang kerja, pembongkaran, superstruktur, konstruksi interior dan eksterior, elevator, Mechanical-Electrical Plumbung (MEP), sistem kelistrikan, dan perbaikan lahan

Dalam pembangunannnya, proyek ini menerapkan teknologi Building Information Modeling (BIM) agar berjalan sesuai dengan waktu yang ditargetkan dan memperhitungan efisiensi maupun tingkat efektifitas dari sebuah proyek.

"Selain itu, pengimplementasian BIM pada proyek ini tentunya membantu dalam perhitungan lanskap, MEEP, arsitektur, serta meminimialisasi kesalahan sebelum ekseskusi di lapangan," kata Ferry.

Dengan renovasi RS Unhas ini diharapkan dapat meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan
khususnya di kota Makassar.

Selain itu, RS Unhas dapat menjadi sarana penunjang pendidikan untuk melahirkan tenaga kesehatan profesional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.