BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Semen Indonesia

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membangun dan Merenovasi Rumah Impian

Kompas.com - 24/11/2020, 15:36 WIB
Ilustrasi ruangan bergaya retro pascarenovasi Dok. ShutterstockIlustrasi ruangan bergaya retro pascarenovasi
|

KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak pilihan konsep hunian yang ditawarkan pengembang. Di antaranya konsep minimalis, industrial, dan tropis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, konsep dan desain yang ditawarkan pengembang belum tentu sesuai dengan selera serta kebutuhan konsumen. Tak heran masih banyak orang memilih untuk membangun rumah dari awal atau merenovasi yang sudah ada.

Akan tetapi, membangun atau merenovasi rumah bukan perkara mudah, terutama bagi orang yang belum memahami seluk-beluk pembangunan rumah.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membangun atau merenovasi rumah impian Anda.

1. Perencanaan anggaran

Langkah pertama dan hal paling krusial yang harus dilakukan sebelum membangun atau merenovasi rumah adalah perencanaan anggaran. Sebab, jumlah dana yang dimiliki akan memengaruhi seluruh tahap pembangunan atau renovasi rumah.

Dengan perencanaan anggaran yang terperinci, Anda bisa menjaga pengeluaran agar tidak melampaui jumlah dana yang telah disiapkan.

Jangan lupa pula alokasikan dana untuk pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga dalam proses pembangunan atau renovasi rumah saat menyusun bujet.

2. Desain

Dalam proses pembangunan atau renovasi rumah, desain tidak sebatas pada penggambaran tampilan visual rumah. Lebih jauh lagi, proses desain harus meliputi persiapan berbagai hal teknis, seperti rancangan bentuk rumah, gambar kerja sipil, material, waktu pengerjaan, dan biaya konstruksi.

Selain itu, Anda perlu membuat desain yang berorientasi jangka panjang. Artinya, desain yang dibuat harus memperhatikan peningkatan kebutuhan ruang di masa depan.

Misalnya saja, Anda bisa mengalokasikan ruang untuk kamar tamu apabila hunian akan dijadikan tempat berkumpul keluarga besar. Kemudian, Anda yang berencana memiliki anak juga perlu mengalokasikan ruang untuk kamar anak sejak awal.

Meski demikian, perencanaan desain harus menyesuaikan dengan bujet yang telah ditetapkan sejak awal. Dengan begitu, pengeluaran konstruksi dapat lebih terkontrol. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli, seperti arsitek atau kontraktor untuk memudahkan proses ini.

3. Waktu konstruksi

Waktu konstruksi kerap luput dari perhatian orang yang ingin membangun atau merenovasi rumah. Padahal, perencanaan waktu konstruksi dapat memaksimalkan proses pembangunan agar tidak molor.

Anda bisa menentukan waktu untuk masing-masing proses pembangunan atau renovasi rumah. Mulai dari waktu untuk membuat anggaran, desain, pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pembelian material, pembangunan struktural dan nonstruktural, proses pengecatan, hingga penempatan furnitur.

Selain itu, perencanaan waktu konstruksi dapat membantu Anda memilih momen yang tepat untuk memulai proses pembangunan. Upayakan untuk melakukan konstruksi di musim panas atau kemarau agar proses pembangunan tidak terganggu hujan.

Adanya perencanaan waktu konstruksi juga dapat memudahkan Anda dalam memprediksi waktu pembangunan atau renovasi. Apabila merasa kesulitan dalam membuat perencanaan waktu konstruksi, tidak ada salahnya menggunakan jasa kontraktor.

4. Memilih kontraktor

Pemilihan kontraktor merupakan salah satu tahapan krusial dalam proses konstruksi bangunan. Sebab, hasil kerja kontraktor akan menentukan kualitas akhir dari hunian yang dibangun atau direnovasi.

Maka dari itu, pilihlah kontraktor yang memiliki pengalaman mumpuni. Anda bisa melihat pengalaman kontraktor dari hasil bangunan yang telah dikerjakan.

Kemudian, pastikan kontraktor memiliki rekam jejak yang baik dan tidak mengecewakan. Pilihlah kontraktor yang dapat bekerja secara efisien, jujur dan terbuka dalam pengalokasian dana konstruksi, serta komunikatif.

Anda bisa meminta rekomendasi kontraktor kepada arsitek, keluarga, teman, atau kolega yang pernah punya pengalaman membangun atau merenovasi rumah sendiri.

Anda juga bisa melakukan riset sederhana di internet untuk mencari portofolio dan rekam jejak kontraktor serta testimoni konsumen yang pernah menggunakan jasanya.

5. Bahan bangunan

Rumah adalah struktur permanen yang dibangun sebagai tempat bernaung yang aman dan nyaman untuk penghuninya. Lebih jauh lagi, rumah dapat menjadi investasi jangka panjang yang akan memiliki penambahan nilai di masa depan.

Maka dari itu, rumah harus dibangun dengan material yang berkualitas. Sebab, bahan bangunan berkualitas dibuat dengan standar dan regulasi konstruksi yang mengedepankan prinsip keselamatan, ramah lingkungan, dan hemat biaya dalam jangka panjang. Dengan demikian, rumah menjadi lebih aman dan Anda dapat meminimalisasi biaya perbaikan di kemudian hari.

Selain itu, bahan bangunan berkualitas biasanya dibuat oleh produsen berpengalaman yang dapat memberikan jaminan dan layanan purna jual memuaskan. Salah satunya adalah Sobat Bangun.

Anda bisa menemukan beragam bahan bangunan berkualitas secara cepat dan mudah di Sobat Bangun. Sobat Bangun merupakan layanan jasa dari PT Sinergi Informatika Semen Indonesia untuk pembangunan dan renovasi yang serbapraktis, transparan, dan berkualitas.

Sebagai informasi, PT Sinergi Informatika Semen Indonesia merupakan anak perusahaan Semen Indonesia Group.

Tak hanya bahan bangunan berkualitas, Sobat Bangun menghadirkan berbagai layanan konstruksi, mulai dari renovasi, pembelian desain, hingga teknologi tambahan.

Sobat Bangun menawarkan beragam skala renovasi, mulai dari renovasi dekoratif skala kecil hingga renovasi besar seperti penambahan ruang. Kualitas renovasi pun lebih terjamin karena Sobat Bangun bekerja sama dengan arsitek dan kontraktor berpengalaman yang telah diseleksi secara ketat.

Kelebihan lainnya, semua proses pembangunan dan renovasi Sobat Bangun mengikuti rangkaian protokol kesehatan untuk meminimalisasi risiko penularan Covid-19, seperti pemeriksaan suhu, penggunaan masker, dan identifikasi fasilitas kesehatan terdekat. Dengan begitu, proses konstruksi pun jadi lebih aman dan nyaman.

Sobat Bangun menyajikan rencana anggaran biaya (RAB) dan alokasi dana yang transparan serta terperinci. Dengan demikian, Anda bisa mendapat jaminan kualitas dan terhindar dari risiko pelarian dana oleh kontraktor nakal.

Selain itu, Anda tidak akan merasa sendirian apabila memercayakan proses pembangunan dan renovasi kepada Sobat Bangun. Sebab, Sobat Bangun menghadirkan Sobat Konsul yang siap memberikan panduan dan bantuan, mulai dari konsultasi desain dengan arsitek, pembahasan RAB dengan kontraktor, hingga proses konstruksi.

Tak hanya arsitek dan kontraktor, Sobat Bangun juga memiliki rekanan bank dan institusi keuangan yang tepercaya. Anda pun akan mendapat kemudahan akses untuk pembiayaan renovasi rumah.

Sebagai informasi, desain rumah yang ada di Sobat Bangun mengedepankan konsep rumah tumbuh sehingga mudah dikembangkan dan ramah lingkungan. Bahkan, desain rumah telah dilengkapi gambar facade dan semua gambar kerja yang dibutuhkan kontraktor sehingga siap bangun.

Anda juga bisa melengkapi hunian dengan paket teknologi terkini dan ramah lingkungan dari Sobat Bangun, seperti solar panel, smart lighting, smart lighting, dan smart security.

Kunjungi laman ini untuk informasi selengkapnya mengenai Sobat Bangun.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.