Menhub Sebut Intermoda Cisauk BSD City, TOD Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 05/10/2020, 17:34 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganggap Intermoda BSD City sebagai prototipe pembangunan Transit Oriented Development (TOD) terbaik di Indonesia.
Sinarmas LandMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganggap Intermoda BSD City sebagai prototipe pembangunan Transit Oriented Development (TOD) terbaik di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganggap Intermoda BSD City sebagai prototipe pembangunan Transit Oriented Development ( TOD) terbaik di Indonesia.

Intermoda BSD City adalah kawasan yang mengintegrasikan layanan publik berupa transportasi KRL commuter line, shuttle bus BSD Link, serta layanan perdagangan melalui Pasar Modern Intermoda BSD City, dan hunian.

Keberadaan Intermoda BSD City seluas 25 hektar ini, mengakomodasi ragam moda transportasi publik yang membantu masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, sehingga udara menjadi lebih bersih.

"Intermoda BSD City merupakan kawasan TOD yang paling baik, nomor satu, di Indonesia. Kami buktikan naik sepeda lebih dari 3 kilometer tidak keringatan," kata Budi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (5/10/2020).

Baca juga: Sinarmas Land Tawarkan Rumah dengan Cicilan DP Rp 324.000 Per Hari

Budi melanjutkan, pihaknya akan menjadikan Intermoda BSD City sebagai percontohan untuk pengembangan TOD di Indonesia

Hal ini menyusul, pengguna angkutan massal di Indonesia baru mendekati 30 persen, padahal idealnya 60 persen.

Angkutan massal dapat hidup jika ada layanan intermoda seperti kereta dengan bus, pesawat, mobil pribadi, dan sepeda.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengharapkan kehadiran TOD membuat masyarakat nyaman bepergian.

“Ini merupakan kolaborasi pemerintah daerah, pengembang, KAI, dan beberapa pihak lain agar menjadi contoh bagi stasiun lain dalam penataan ruang dan lingkungan dengan baik sehingga kita dapat mengangkat harkat martabat masyarakat dan transportasi umum,” tutur Ahmed Zaki.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang ikut menyambut Menteri Perhubungan saat mengunjungi Stasiun Cisauk, juga menilai Intermoda BSD City sebagai TOD paling akomodatif.

"Berbagai fasilitas lengkap disediakan bagi seluruh kalangan masyarakat sehingga mereka mau menggunakan transportasi massal,” ucap Airin.

Menurut Managing Director President Office Sinarmas Land Dhony Rahajoe selain Intermoda Cisauk, BSD City melalui Pasar Modern BSD City juga telah dijadikan percontohan oleh Kementerian Perdagangan sebagai salah satu pasar terbaik di Indonesia.

Pasar modern laiknya supermarket karena berada dalam gedung yang bersih. Selain itu, Sinarmas Land mengadakan pelatihan Pasar Rakyat School bagi para pedagang secara berkala agar mereka dapat memajukan bisnis di masa mendatang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X