Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Sebut Intermoda Cisauk BSD City, TOD Terbaik di Indonesia

Intermoda BSD City adalah kawasan yang mengintegrasikan layanan publik berupa transportasi KRL commuter line, shuttle bus BSD Link, serta layanan perdagangan melalui Pasar Modern Intermoda BSD City, dan hunian.

Keberadaan Intermoda BSD City seluas 25 hektar ini, mengakomodasi ragam moda transportasi publik yang membantu masyarakat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, sehingga udara menjadi lebih bersih.

"Intermoda BSD City merupakan kawasan TOD yang paling baik, nomor satu, di Indonesia. Kami buktikan naik sepeda lebih dari 3 kilometer tidak keringatan," kata Budi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (5/10/2020).

Budi melanjutkan, pihaknya akan menjadikan Intermoda BSD City sebagai percontohan untuk pengembangan TOD di Indonesia

Hal ini menyusul, pengguna angkutan massal di Indonesia baru mendekati 30 persen, padahal idealnya 60 persen.

Angkutan massal dapat hidup jika ada layanan intermoda seperti kereta dengan bus, pesawat, mobil pribadi, dan sepeda.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengharapkan kehadiran TOD membuat masyarakat nyaman bepergian.

“Ini merupakan kolaborasi pemerintah daerah, pengembang, KAI, dan beberapa pihak lain agar menjadi contoh bagi stasiun lain dalam penataan ruang dan lingkungan dengan baik sehingga kita dapat mengangkat harkat martabat masyarakat dan transportasi umum,” tutur Ahmed Zaki.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang ikut menyambut Menteri Perhubungan saat mengunjungi Stasiun Cisauk, juga menilai Intermoda BSD City sebagai TOD paling akomodatif.

"Berbagai fasilitas lengkap disediakan bagi seluruh kalangan masyarakat sehingga mereka mau menggunakan transportasi massal,” ucap Airin.

Menurut Managing Director President Office Sinarmas Land Dhony Rahajoe selain Intermoda Cisauk, BSD City melalui Pasar Modern BSD City juga telah dijadikan percontohan oleh Kementerian Perdagangan sebagai salah satu pasar terbaik di Indonesia.

Pasar modern laiknya supermarket karena berada dalam gedung yang bersih. Selain itu, Sinarmas Land mengadakan pelatihan Pasar Rakyat School bagi para pedagang secara berkala agar mereka dapat memajukan bisnis di masa mendatang.

https://properti.kompas.com/read/2020/10/05/173403521/menhub-sebut-intermoda-cisauk-bsd-city-tod-terbaik-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke