Bertema "New Blood", Taobao Maker Festival Sasar Generasi Z

Kompas.com - 19/08/2020, 13:04 WIB
Karavan Taobao Maker Festival (TMF). Dok. Alibaba Indonesia.Karavan Taobao Maker Festival (TMF).

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform situs e-commerce terbesar di China besutan Alibaba Group, Taobao, resmi menyelenggarkan acara Taobao Maker Festival (TMF) dengan tema " New Blood".

Acara tersebut resmi diselenggarakan sejak 30 Juli hingga 20 Agustus 2020.

Rangkaian acara tahunan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung kreativitas para kreator muda dan pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM).

Acara telah memasuki perhelatan kelimanya yang dikenal sebagai festival perayaan inovasi dan kreasi anak muda terbesar di China dan dunia.

Tak kalah dengan perhelatan tahun-tahun sebelumnya, TMF juga memiliki cara dan keunikan tersendiri dengan memberikan motiviasi dan inspirasi bagi anak muda China, terutama kalangan Generasi Z (Gen-Z).

Demi menarik Gen Z untuk mengikuti TMF, Taobao, mengemas dengan menghadirkan berbagai macam hiburan seperti,  bazaar offline, konser musik, pameran teknologi, serta peragaan busana.

Sebagaimana diketahui, terjadi peningkatan transaksi sebesar Rp 2,7 miliar dibandingkan tahun sebelumnya (secara tahunan) pada pembeli dengan rentang usia 20 hingga 29 tahun.

Selain itu, mayoritas pengguna Taobao adalah pembeli yang lahir pada tahun 1990-an.

Baca juga: Meski Ada Pandemi Covid-19, Pendapatan Alibaba Naik 35 Persen

Menurut Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung, pergeseran tersebut menunjukkan, tren di masa depan akan didominasi oleh para konsumen muda.

Tak hanya konsumen di usia belia, para kreator muda pun juga akhirnya melihat celah untuk bergabung ke Taobao dan mendirikan toko sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X