BTN Tetap Salurkan KPR bagi Pekerja Honorer yang Tak Terdampak Covid-19

Kompas.com - 13/08/2020, 17:22 WIB
Generasi milenial, segment sasaran terbesar pengembang perumahan. SHUTTERSSTOCK/RUSTLEGenerasi milenial, segment sasaran terbesar pengembang perumahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memastikan tetap menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah ( KPR) bagi karyawan kontrak dan honorer yang tak terdampak Pandemi Covid-19.

Hal tersebut dilakukan oleh Perseroan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan penyaluran kredit Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN).

Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division Bank BTN Suryanti Agustinar mengungkapkan, pemberian kredit tersebut juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan pentingnya rumah bagi mereka.

"Tapi, untuk yang tak terdampak Covid-19 (pekerja) itu tetap kami kucurkan (kredit), termasuk bagi karyawan kontrak maupun honorer," ucap Suryanti dalam webinar, Kamis (13/8/2020).

Bahkan, imbuh Suryanti, BTN pun memberikan cicilan uang muka (down payment) atau DP sebesar 0 persen kepada ASN, PNS, maupun TNI/Polri.

Biasanya, uang muka yang diberikan oleh BTN kepada kelompok pekerja tersebut sebesar 1 persen.

Baca juga: BTN-Repower Tawarkan KPR Tanpa Angsuran dan Bunga

Uang muka yang ringan tersebut dilakukan BTN agar menumbuhkan minat para pekerja untuk membeli rumah.

Selain itu, BTN pun bersinergi dengan pengembang untuk membebaskan biaya proses, administrasi, dan provisi.

Ilustrasi membeli rumah.SHUTTERSTOCK/CHIRAPHAN Ilustrasi membeli rumah.

"Pokoknya yang dapat mempermudah dan meringankan konsumen untuk beli rumah," terang Suryanti.

Pembebasan biaya tersebut dibuat dalam bentuk gimmick agar konsumen tak berpikir kalau melakukan proses akad harus menyiapkan biaya yang besar di muka.

Bahkan, BTN pun memiliki program KPR Zero yang memberikan fasilitas keringanan kepada konsumen hingga bebas pokok cicilan selama 2 tahun.

Kondisi Pandemi Covid-19, diakui Suryanti, Perbankan maupun pengembang harus bersinergi untuk memberikan berbagai macam inovasi yang diperlukan agar para konsumen tak menunda dalam membeli rumah.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X