Kompas.com - 31/07/2020, 17:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operation Management & Maintenance Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Pratomo Bimawan Putra memprediksi puncak peningkatan volume lalu lintas kendaraan menuju Jakarta akan terjadi pada Minggu (2/8/2020).

Oleh karenanya, Pratomo menyarankan agar masyarakat mengatur perjalanan dan menghindari kepadatan saat kembali ke Jakarta.

"Kami mengimbau agar para pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta, salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik pada hari Minggu agar terhindari dari kepadatan," kata Pratomo melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (31/7/2020).

Baca juga: H-1 Idul Adha, 192.103 Kendaraan Meninggalkan Jakarta

Dia menjelaskan, dari total kendaraan yang akan kembali ke Jakarta, mayoritas berasal dari arah timur atau dari Jalan Tol Trans-Jawa.

Menurutnya, apabila lalu lintas terkonsentrasi hanya dalam satu hari, maka ada potensi terjadinya kepadatan tinggi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

"Karena jalan tol tersebut merupakan akses utama untuk pengguna jalan dari arah timur menuju wilayah Jabodetabek," kata dia.

Adapun titik kepadatan yang perlu diantisipasi oleh pengguna jalan menuju arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah pertemuan lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek lI Elevated dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di KM 48, serta di titik-titik jelang rest area.

Selain itu, Pratomo mengimbau agar pengusaha angkutan barang atau logistik dapat menunda kegiatan hingga periode empat harii libur panjang Idul Adha.

Sebab, pada H-1 Idul Adha, Jasa Marga memantau banyak kendaraan besar yang mengalami gangguan di luar lajur. Hal ini mengakibatkan kepadatan panjang.

Baca juga: Jasa Marga Dukung Penerapan Sistem Transaksi MLFF, Asal E-TLE Dijalankan

Guna mengantisipasi kepadatan, Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti coontrafloe dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

"Kami mohon kerja sama pengguna jalan sekali lagi, untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu yang bersamaan di hari Minggu," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.