Lhokseumawe Alih Fungsi Pasar Tradisional Jadi Hotel Bintang 3

Kompas.com - 20/07/2020, 14:05 WIB
Pemko Lhokseumawe mengalihfungsikan pasar tradisional menjadi hotel bintang tiga. Pemko LhokseumawePemko Lhokseumawe mengalihfungsikan pasar tradisional menjadi hotel bintang tiga.

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, berencana mengubah fungsi pasar di Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, menjadi hotel.

Saat ini, konsultan perencana sedang menyusun detail desain pengalihfungsian bangunan pasar tersebut menjadi hotel dengan klasifikasi bintang tiga.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lhokseumawe Ramli mengungkapkan, selama ini bangunan pasar itu tidak berfungsi.

“Sayang sekali kalau tidak difungsikan dan terbengkalai. Prinsip dasarnya kita bangun hotel di lokasi pasar tradisional. Saya yakin, hotel ini akan maju,” kata Ramli kepada wartawan di Lhokseumawe, Senin (20/7/2020).

Baca juga: Lhokseumawe Tunda Kelanjutan Pembangunan Jalan Bibir Pantai

Dia menuturkan, desain hotel di kompleks pasar tradisional tersebut telah dibuat oleh konsultan perencana.

Hotel ini dirancang dalam bangunan tiga lantai yang mencakup 60 kamar. Konstruksinya dimulai tahun ini, dan rencana beroperasi pada 2021 mendatang.

“Namun detailnya sedang disusun oleh konsultan. Saya yakin 2021 itu bisa dimulai pengalihfungsian. Sekarang sudah disusun detail bangunannya, lift, kamar, dan desain lainnya,” sebut Ramli.

Dari sisi lokasi, sambung Ramli, hotel ini sangat strategis dan menjanjikan dapat menarik pengunjung.

Pasalnya, kompleks Pasar Tradisional Pusong berada di pusat kota. Sehingga, wisatawan atau masyarakat umum yang menginap dipastikan mudah dapat mengakses ke seluruh pelosok Kota Lhokseumawe.

Baca juga: Surya Semesta Bantah Hotel Gran Meliá Jakarta Dijual

“Kalau lokasinya di situ kan ke mana-mana dekat, ke mal, ke lokasi kuliner semua dekat. Maka, saya yakin ini akan diminati oleh wisatawan. Konsep utamanya bangunan yang indah dan instagrambale,” pungkas Ramli.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X