Kompas.com - 01/07/2020, 17:29 WIB
Ilustrasi mudik. SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti mengatakan, pada saat mudik dan balik Lebaran 2020, lima ruas tol baru dioperasikan secara fungsional.

Total panjang kelima ruas tol baru tersebut adalah 144,5 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini ia sampaikan saat rapat evaluasi sarana dan prasarana arus mudik 2020 bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

"Pada mudik tahun 2020 terdapat beberapa tambahan ruas tol yang telah digunakan," kata Anita, Rabu (1/7/2020).

Adapun beberapa ruas yang dioperasikan secara fungsional antara lain Ruas Pekanbaru-Kandis sepanjang 9,5 kilometer, Tol Jakarta-Cikampek Sisi Selatan II sepanjang 10,5 kilometer.

Baca juga: Langgar Larangan Mudik, 4.003 Kendaraan Dikeluarkan dari Tol

Kemudian Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 66 kilometer dan Tol Manado-Bitung seksi 1 dan 2A sepanjang 25,5 kilometer.

Anita menambahkan, selama arus mudik Lebaran Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 33 kilometer juga dioperasikan tanpa tarif.

Dalam rapat evaluasi ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, jumlah penumpang di semua moda transportasi mengalami penurunan hingga 91 persen atau hanya 121.000 penumpang selama 1 April-7 Juni 2020.

Budi menyebutkan, setelah pemberlakukan Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020, jumlah penumpang kembalil naik menjadi 450.000 orang.

"Jumlah ini juga masih jauh di bawah jumlah penumpang pada periode sebelum adanya kebijakan larangan mudik," ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.