Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Salesforce, Siemens Hadirkan Teknologi Kantor Nirsentuh

Kompas.com - 29/06/2020, 15:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siemens dan Salesforce mengumumkan kemitraan strategis untuk mengembangkan rangkaian teknologi baru di perkantoran sehingga karyawan dapat kembaali bekerja dengan aman.

Kolaborasi ini menggabungkan Work.com dari Salesforce, yang didukung oleh Customer 360, dan solusi Smart Infrastructure dari Siemens, seperti Comfy dan Enlighted, untuk mengatur proses kerja, karyawan dan hal-hal penting lainnya.

Teknologi unggulan ini termasuk touchless office dengan kartu akses karyawan secara online untuk dapat memasuki gedung dan lift.

Teknologi ini juga mencakup sistem manajemen hunian aman, yang memungkinkan karyawan memesan ruang konferensi atau meja kerja melalui aplikasi Comfy yang akan segera mengirimkan peringatan secara real-time apabila telah mencapai ambang batas. S

Dengan memanfaatkan data hunian dan lokasi yang disediakan oleh Enlighted dan dikumpulkan dalam Comfy, termasuk check-in karyawan dan pemesanan meja kerja dan ruangan, perusahaan akan dapat memperluas penelusuran kontak mereka secara manual di Work.com.

Baca juga: Unik dan Menarik, Ini Contoh Desain New Normal

 

Dengan demikian, menurut Wakil CEO dan Anggota Dewan Pengelola Siemens AG Roland Busch, penggunaan teknologi ini memungkinkan tanggap darurat lebih cepat dan akurat.

"Penelusuran kontak akan menjadi solusi opt-in untuk menghormati privasi pengguna," jelas Roland dalam keterangannya kepada Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Dia menambahkan, karyawan ke tempat kerja dengan aman merupakan sebuah tantangan global, dan sangat penting bagi perusahaan untuk melindungi karyawan mereka untuk membangun keyakinan dan kepercayaan .

"Organisasi di seluruh dunia mulai menata kembali cara bekerja di masa depan, dengan menempatkan kesehatan dan keselamatan karyawan di dalam proses transformasi digital perusahaan," ungkap Presiden dan Chief Strategy Officer Salesforce Alex Dayton.

Siemens berencana melibatkan teknologi dari portofolio Smart Infrastructure, termasuk perusahaan solusi IoT Enlighted dan tempat kerja Comfy.

Data dikumpulkan beberapa kali per detik oleh sensor pintar yang tersambung ke cloud dari Enlighted.

Baca juga: Jarak 1 Meter Antar-karyawan Bikin Perkantoran Tertekan hingga 2024

Platform Building IoT dari Enlighted menciptakan 'sistem sensorik' di seluruh gedung, memberikan wawasan dan analitik secara real-time tentang bagaimana bangunan itu digunakan, dan menyediakan layanan hunian dan lokasi untuk orang dan aset.

Solusi Safe Workplace dari Comfy menampilkan aplikasi employee-facing yang memungkinkan perusahaan membuat karyawan selalu terinformasi dan produktif, sambil menyediakan ruang kerja yang aman dan sesuai dengan peraturan setempat.

Karyawan dapat melihat dan memesan meja kerja dan ruang pertemuan yang mematuhi panduan social distancing secara real-time, mencari dan menavigasi ke fasilitas kesehatan dan keselamatan dan meminta layanan seperti sanitasi.

Selain itu, Comfy Insights menawarkan kepada perusahaan dasbor analitik untuk lebih memahami bagaimana kantor digunakan, menginformasikan strategi yang lebih cerdas dan berbasis data untuk tempat kerja di masa depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com