Department Store Berusia 118 Tahun Ini Bangkrut

Kompas.com - 05/06/2020, 15:40 WIB
Department store terbesar keempat di Amerika Serikat, JC Penney bangkrut. patch.com/Getty Images/Daniel AckerDepartment store terbesar keempat di Amerika Serikat, JC Penney bangkrut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beroperasi selama lebih dari satu abad atau 118 tahun, JC Penney, resmi menyatakan bangkrut.

Perusahaan ini terpaksa mengibarkan "bendera putih" ditandai dengan penutupan 154 toko di 20 negara bagian di Amerika Serikat.

Penutupan permanen toko tersebut akan dilakukan secara serentak mulai Jumat (12/6/2020) mendatang.

Salah satu department store terbesar dan legendaris tersebut mengalami kesulitan keuangan sebagai dampak Pandemi Covid-19.

JC Penney mengajukan perlindungan kebangkrutan mengacu pada Pasal 11 untuk meminta relaksasi pembayaran utang kepada Pengadilan Tinggi Amerika Serikat.

CEO JC Penney Jill Soltau mengatakan, penutupan permanen toko dilakukan untuk meringankan beban utang dan mengoptimalisasi toko yang masih dibuka.

"Kami berharap setelah pandemi ini (Covid-19) dapat setia melayani pelanggan untuk beberapa dekade mendatang," kata Jill seperti dikutip dari CNN Business, Jumat (5/6/2020). 

Sebelumnya, JCPenny telah membuka 500 tokonya di beberapa lokasi pada saat yang sama ketika mengajukan kebangkrutan pada Mei lalu.

Department store ini juga dilaporkan masih mempekerjakan 90.000 karyawan tetap dan paruh waktu di beberapa lokasi.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti berapa banyak pekerja terdampak akibat penutupan toko tersebut.

Baca juga: Sejumlah Mal Siap Dibuka Kembali 15 Juni 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X