Lima Arsitek Asia Ciptakan Desain Rumah untuk Situasi Pandemi

Kompas.com - 26/05/2020, 21:52 WIB
Atidesa memiliki gudang makanan yang mendukung prinsip-prinsip permakultur dan konsep ekonomi sirkular. Karya Vinsensius Gilrandy Santoso Vinsensius Gilrandy SantosoAtidesa memiliki gudang makanan yang mendukung prinsip-prinsip permakultur dan konsep ekonomi sirkular. Karya Vinsensius Gilrandy Santoso

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tidak selalu direspon sebagai wabah yang merugikan.

Sejumlah arsitek yang tergabung dalam Komite Architects Regional Council Asia (Arcasia), Arsitek Muda (ACYA), dan Forum Arsitek Muda Yogyakarta (YYAF), justru menggelar kompetisi desain.

Kompetisi ini terbuka untuk para arsitek di bawah usia 41 tahun dan 21 negara Arcasia, serta para mahasiswa.

Tema dari ACYA-YYAF #WFH Workshop 2020 adalah mendesain rumah impian yang merespon situasi pandemi.

Ketua Panitia Pelaksana ACYA-YYAF Design Challenge Denny Setiawan mengatakan secara total, kompetisi ini telah menerima 186 karya yang diterima dari total 10 negara.

Baca juga: Dobrak Dominasi Laki-laki, 2 Wanita Arsitek Raih Pritzker Prize 2020

Sebanyak 109 karya di antaranya berasal dari arsitek profesional dan 77 karya mahasiswa.

Negara-negara yang terlibat yakni India, Bangladesh, China, Suriah, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

"Kami tak menyangka kompetisi tanpa hadiah ini disambut dengan sangat baik oleh para arsitek di Asia. Hal ini membuktikan, para arsitek ingin menyumbangkan sumbangsihnya di tengah pandemi dengan ide dengan cara mereka sesuai keilmuannya," tutur Denny kepada Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

Berdasarkan total jumlah karya yang masuk, panitia ACYA-YYAF Design Challenge telah memilih lima gran finalis terbaik, 10 finalis terbaik, dan 25 terbaik masing masing dari golongan profesional maupun mahasiswa.

Ketua ACYA 2019-2020 Ridha Razak mengatakan, para juri telah memilih lima desain terbaik berdasarkan konsep yang digunakan peserta dalam menghadapi pandemi terkait dengan gaya hidup sehat, perumahan mandiri, dan kehidupan bahagia.

Baca juga: “ARCH:ID”, Ajakan untuk Mengapresiasi Karya Para Arsitek Indonesia

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X