Kompas.com - 27/03/2020, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jack Ma dan Alibaba Foundation merilis Buku Panduan Pencegahan dan Penatalaksanaan COVID-19 untuk tenaga medis. Saat ini, buku tersebut telah tersedia dalam versi Bahasa Indonesia.

Buku tersebut juga dirilis dengan 8 bahasa lain di antaranya, Mandarin, Inggris, Perancis, Italia, Jepang, Persia, Belanda, dan Spanyol.

Buku pegangan ini disusun berdasarkan pengalaman klinis para dokter serta tenaga medis dari The First Affiliated Hospital di Zhejiang University School of Medicine (FAHZU).

Diketahui, rumah sakit tersebut berperan sangat penting dalam menekan penyebaran virus corona di China. 

Baca juga: 11.11, Pemimpin Muda, dan Karya 102 Tahun Alibaba

Segala hal tentang penanganan COVID-19 ada dalam buku ini, mulai dari tahap penyaringan, diagnosa, sampai bagaimana perawatan yang tepat untuk pasien yang terinfeksi virus Corona.

Termasuk kisah 50 hari FAHZU merawat 104 pasien positif COVID-19, 78 pasien di antaranya dalam kondisi kritis.

Melalui berbagai terobosan upaya medis dan investasi teknologi mutakhir, FAHZU berhasil melalui krisis kesehatan dan tak ada satu pun kasus tenaga medis terinfeksi, kesalahan diagnosa, dan kematian pasien.

“Saat ini, seiring dengan meningkatnya situasi pandemi (virus Corona) yang mendunia, berbagai pengalaman dan pembelajaran ini menjadi sesuatu yang berharga dan bekal yang penting bagi para dokter dan tenaga medis,” ungkap Founder of Jack Ma Foundation Jack Ma dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Jack Ma melanjutkan, buku pegangan ini dapat menjadi bekal bagi para dokter, perawat, dan tenaga medis di seluruh dunia.

Baca juga: Lawan Corona, Jack Ma Bakal Kirim Bantuan ke 10 Negara Ini

Buku pegangan 28 Bab ini juga merangkum strategi teknis peningkatan efikasi, penanganan kegawatdaruratan dan pasien kritis, serta seberapa pentingnya pusat komando di rumah sakit dan lembaga kesehatan dalam cara menekan biaya yang ditimbulkan dari virus Corona ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.