Corona Ubah Sistem Kerja, Ini Cara Efektif Bikin Kantor di Rumah

Kompas.com - 13/03/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi bekerja ShutterstockIlustrasi bekerja

KOMPAS.com - Virus Corona penyebab Covid-19 membuat sejumlah perusahaan di beberapa negara mengimbau karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Head of Research and Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus memuturkan, merebaknya virus Corona di sejumlah negara dapat memunculkan tren baru baru bagi karyawannya, yakni bekerja dari rumah.

Di beberapa negara terjadi peningkatan besar terkait para karyawan yang bekerja di rumah. Usaha "merumahkan" para pekerja ini sebagai imbas dari menyebarnya Corona.

Di tempat-tempat tersebut, banyak perusahaan memberikan fleksibilitas dengan menerapkan sistem kerja dari rumah.

"Mungkin ke depan secara global, tren untuk bekerja secara jarak jauh dari rumah atau dari luar kantor akan semakin meningkat kebutuhannya," ucap Anton kepada Kompas.com, Jumat (6/3/2020).

Baca juga: Wabah Corona Bisa Mengubah Sistem Kerja Perusahaan

Riset Savills juga menyebut, hal ini telah terjadi di beberapa negara di Asia Pasifik. Dengan cara ini diharapkan penyebaran wabah dapat diminimalisasi.

Akan tetapi banyak orang yang merasa tidak bisa bekerja maksimal saat berada di rumah. Untuk itu, ada beberapa cara agar bekerja jarak jauh tidak mengubah produktivitas.

Psikolog lingkungan Sally Austin dalam bukunya Built to Thrive: How to Build the Best Workplaces for Health, Well-Being, & Productivity, seperti dilansir dari laman Forbes, menyoroti pentingnya faktor estetika seperti warna dinding dan konfigurasi furnitur dalam memengaruhi kinerja di tempat kerja.

Austin menuturkan, dengan bekerja dari rumah, maka karyawan memiliki banyak kebebasan yang sebelumnya tidak diperoleh di lingkungan kerja.

Seperti diketahui, kartawan akan lebih bahagia jika memiliki hak atas kondisi kerja mereka, seperti jam masuk, lokasi, dan jenis pekerjaanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X