Kompas.com - 10/02/2020, 14:31 WIB
Tugu Iconic di GT Madiun yang dianggap mirip palu arit Dok. PT Jasamarga Ngawi Kertosono KediriTugu Iconic di GT Madiun yang dianggap mirip palu arit

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir lini masa media sosial ramai dengan perbincangan Tugu Iconic di Simpang Susun (SS) Gerbang Tol (GT) Madiun yang dianggap mirip dengan bentuk palu arit.

Atas pemberitaan tersebut, pengelola jalan Tol Ngawi-Kertosono, PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) menegaskan hal itu tidak benar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (10/2/2020) Direktur Utama PT JNK Dwi Winarsa menjelaskan tugu tersebut menggambarkan logo perusahaan yang berfungsi sebagai branding.

Menurutnya, penempatan tugu di GT Madiun diharapkan dapat menjadi penanda jalan bagi pengemudi yang belum mengetahui akses ke gerbang tol tersebut.

Baca juga: Tol Solo-Ngawi Aman Dilintasi

Dia menambahkan, sejak 9 Mei 2018, PT JNK resmi menyandang nama baru. Sebelumnya, perusahaan memiliki nama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ). Penggantian nama tersebut juga mendasari pembuatan tugu.

"Dilihat dari sisi sudut tertentu, Tugu ikonik membentuk huruf J, N, K. Tugu menjulang vertikal dari arah barat ke timur membentuk huruf J," imbuh Dwi.

Menurut Dwi, jika dilihat dari atas, lengkung yang melingkar akan membentuk huruf N. Selain itu, secara keseluruhan, dari SS Madiun ke arah timur akan membentuk huruf K.

Tugu Iconic di SS GT Madiun yang dianggap mirip bentuk palu aritDok. PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Tugu Iconic di SS GT Madiun yang dianggap mirip bentuk palu arit
Adapun filosofi dari tugu tersebut adalah, lingkaran biru melambangkan kaidah universal yang dijalankan perusahaan.

Kemudian tugu putih yang menjulang melambangkan pertumbuhan shareholder value serta peningkatan prosperity stakeholder.

Sementara lengkung jalan tol berwarna kuning melambangan pelayanan yang diberikan perusahaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.