Tol Solo-Ngawi Aman Dilintasi

Kompas.com - 01/01/2020, 17:54 WIB
Gerbang Tol Ngemplak di ruas Tol Solo-Ngawi. KOMPAS.com/LABIB ZAMANIGerbang Tol Ngemplak di ruas Tol Solo-Ngawi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya ruas-ruas tol di kawasan Jadebotabek yang dilanda banjir pada Rabu (1/1/2020), ruas Tol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah juga tergenang air.

Salah satunya adalah Tol Solo-Ngawi yang sempat tergenang di beberapa bagian akibat curah hujan dengan intensitas tinggi.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) Ari Prabowo mengatakan, genangan air terjadi di KM 548, KM 558 dan KM 562.

"Meski demikian, genangan air masih terkendali dan tidak menjadi banjir, dan surut dalam waktu 15 menit," kata Ari kepada Kompas.com, Rabu (1/1/2019).

Baca juga: Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup Sementara

Menurutnya, genangan timbul karena curah hujan yang cukup tinggi sehingga membuat air membutuhkan waktu cukup lama untuk mengalir ke badan jalan.

"Saat ini sudah aman dilintasi," imbuh Ari.

Dia menjelaskan, guna mengantisipasi terjadinya banjir, pihaknya telah menempatkan petugas serta menyiapkan rambu-rambu untuk mengamankan jalur agar kendaraan dapat melintas dengan aman.

Lonjakan arus balik

Sementara itu, secara umum, arus balik libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Jalan Tol Solo-Ngawi ramai lancar. Arus balik ini, didominasi kendaraan jarak jauh.

Baca juga: Titik Banjir di Sejumlah Ruas Tol Jadebotabek

Ari menuturkan, peningkatan signifikan kendaraan saat arus balik Nataru terjadi pada Minggu (29/12/2019).

Adapun volume lalu lintas melonjak sebesar 170 persen atau sebanyak 15.200 dibanding lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal yan sebesar 41.270.

"Di gerbang antrean kadang mencapai 10 kendaraan, namun secara umum masih lancar terkendali," kata Ari.

Dia menambahkan pada saat puncak arus mudik, kendaran ramai lancar dan tidak mengalami kepadatan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X