Begini Tips Menjual Rumah Tanpa Makelar

Kompas.com - 09/02/2020, 22:00 WIB
Ilustrasi rumah ShutterstockIlustrasi rumah

KOMPAS.com - Menjual rumah merupakan keputusan besar. Untuk menemukan pembeli yang tepat, Anda biasanya memakai jasa agen atau broker properti profesional untuk mempermudah urusan.

Namun sebagiajn besar dari Anda lebih tertarik menjual propertinya tanpa agen atau perantara.

Alasannya bisa beragam. Umumnya, Anda memilih untuk menyimpan komisi yang seharusnya diberikan kepada agen.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Menjual Rumah Bekas

Selain itu, pemilik rumah bisa jadi mengalami ketidakcocokan terhadap perantara. Jika hal ini terjadi, maka memang sulit untuk menjual rumah Anda kepada orang yang tepat.

Apabila memutuskan untuk tidak menggunakan jasa perantara, Anda harus bekerja keras untuk memasarkan rumah. Untuk itu, beberapa tips ini bisa diterapkan:

1. Pastikan Anda siap untuk bekerja sendiri

Memasarkan rumah tanpa perantara bukan perkara mudah dan terkadang melelahkan.

Pastikan Anda siap untuk berbagai kondisi seperti menjawab semua pertanyaan calon pembeli baik melalui telepon atau pesan, mengatur janji bertemu, mengajukan penawaran, hingga bernegosiasi.

2. Menentukan harga

Harga menjadi salah satu faktor yang harus ditentukan saat memasarkan rumah. Anda harus menilai harga jual rumah sesuai dengan kondisi fisik bangunan, lokasi, dan berbagai fitur yang ada di rumah.

Untuk itu, gunakan beberapa instrumen untuk menaksir harga properti, yakni marketplace jual-beli properti atau memeriksa taksiran harga rumah di iklan, atau memeriksa harga terakhir hunian-hunian yang ada di sekitar rumah Anda.

Namun apabila Anda ragu, pertimbangkan untuk menyewa penilai real estat profesional.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X