Catat Hak Konsumen Ketika Sertipikat Tanah Diblokir Kejagung

Kompas.com - 08/02/2020, 19:00 WIB
Progress pembangunan rumah dan infrastruktur forest hill Progress pembangunan rumah dan infrastruktur forest hill

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Pengaduan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Aji Warsito mengatakan, konsumen berhak mendapat informasi atas status kejelasan dari bukti kepemilikan tanah (sertipikat) dua perumahan yang dibangun oleh PT Hanson International Tbk.

Dua perumahan tersebut adalah Forest Hill dan Millenium City yang menjadi obyek sitaan Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait dugaan kasus korupsi PT ASuransi Jiwasraya (Persero) yang menyeret Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro.

"Menurut kami, konsumen juga punya hak untuk mendapatkan informasi mengenai status kejelasan dari bukti kepemilikan tanah mereka," ucap Aji kepada Kompas.com, Jumat, (7/2/2020).

Hal tersebut mengacu pada pernyataan Kejagung yang akan melindungi konsumen atau pembeli unit di dua perumahan tersebut.

Baca juga: Tanah Benny Tjokro Diblokir Kejagung, Ini yang Harus Dilakukan Konsumen

Aji melanjutkan, jika nantinya proses hukum menyatakan bahwa tanah dari dua perumahan tersebut harus disita negara, maka PT Hanson International wajib untuk mengembalikan uang kepada konsumen.

"PT Hanson International Tbk harus bertanggung jawab kepada konsumen mereka dengan cara mengembalikan refund (pengembalian) dana konsumen," ujar Aji.

Tak sebatas pengembalian dana yang sudah masuk, konsumen pun berhak melakukan upaya hukum lebih lanjut.

"Konsumen juga bisa melakukan upaya hukum melalui gugatan Perdata kepada PT Hanson International Tbk," tutup Aji.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X