Juli 2020, Bandara Komodo Naik Status Jadi Bandara Internasional

Kompas.com - 07/02/2020, 21:57 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan penandatanganan perjanjian Kerjasama Pemerintah-Badan Usaha (KPBU) Bandar udara Komodo antara Kementerian Perhubungan dengan konsorsium PT Cardig Aero Service Tbk (CAS)-Cangi Singapura, di Jakarta, Jumat (7/02/2020).

Dokumentasi Biro Humas Setda Provinsi NTTMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan penandatanganan perjanjian Kerjasama Pemerintah-Badan Usaha (KPBU) Bandar udara Komodo antara Kementerian Perhubungan dengan konsorsium PT Cardig Aero Service Tbk (CAS)-Cangi Singapura, di Jakarta, Jumat (7/02/2020).

KUPANG, KOMPAS.com - Status  Bandara Komodo, Labuan Bajo, di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT), akan berubah menjadi Bandara Internasional pada Juli 2020 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan hal itu saat menyaksikan penandatanganan perjanjian Kerjasama Pemerintah-Badan Usaha (KPBU) Bandar udara Komodo antara Kementerian Perhubungan dengan konsorsium PT Cardig Aero Service Tbk (CASS)-Changi Airports International PTE LTD (CAI) Singapura, di Jakarta, Jumat (7/02/2020).

"Pada Juli 2020 nanti, Bandara Komodo akan dijadikan bandara internasional,” ujar Budi, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com dari Biro Humas dan Protokoler Setda Provinsi NTT, Jumat (7/2/2020) malam.

Baca juga: Menang Tender Bandara Komodo, Cardig Aero Service Pastikan Pekerjaan Sesuai Target

Budi pun meminta Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk segera menyiapkan lahan, agar bandara tersebut bisa dikembangkan.

Menurut dia, KPBU antara Pemerintah dengan konsorsium CASS-Cangi Singapura ini akan berlangsung selama 25 tahun.

“Kerjasama ini menelan dana Rp 1,3 triliun. Setelah 25 tahun mereka akan menyerahkan kepada pemerintah,” kata Budi.

Konsorsium CASS-Cangi Singgapura juga berjanji akan membangun Bandara Komodo dalam
waktu satu atau dua tahun ke depan.

Terkait dengan itu, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, yang ikut menyaksikan prosesi
penandatanganan menyampaikan ucapan terima kasih.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Menteri Perhubungan yang sudah mau membangun Bandara Internasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi NTT,” ucap Josef.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X