Kompas.com - 03/02/2020, 20:19 WIB
Kondisi longsor di Desa Pasirmadang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Senin (3/2/2020). Rosiana Haryanti/Kompas.comKondisi longsor di Desa Pasirmadang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Senin (3/2/2020).

BOGOR, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membuka akses jalan yang sebelumnya tertutup material longsor.

Seperti diketahui, bencana tanah longsor menerjang beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor, seperti Sukajaya, Nanggung, Jasinga, dan Cigudeg pada awal Januari 2020 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Seksi Preservasi dan Peralatan Jalan I Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Kementerian PUPR Nunu Nugraha mengatakan, sepanjang 35,96 kilometer akses jalan yang sebelumnya terputus telah dibuka.

Baca juga: Presiden Instruksikan Bupati Segera Relokasi Korban Longsor Bogor

Menurut Nunu, di lokasi barat jalan sepanjang 23 kilometer telah dibuka. Di lokasi ini terdapat 62 titik longsor dan 3 titik relokasi.

Nunu menambahkan, akses jalan yang telah tembus antara lain dari Desa Harkat Jaya ke Kiara Pandak, Kiara Pandak ke Desa Cisarua, kemudian Kiara Sari sampai ke arah Kecamatan Nanggung.

Sedangkan di lokasi timur, panjang jalan yang telah terbuka sepanjang 12,1 kilometer, antara lain di Desa Pasir Madang sepanjang 5,1 kilometer dan dari Pasir Madang ke Desa Harkat Jaya sepanjang 7 kilometer.

Namun demikian, Nunu mengatakan masih ada beberapa ruas jalan yang harus dibuka.

"Ada tambahan sesuai Bupati, kami juga harus buka jalan kampung," kata Nunu di Kabupaten Bogor, Senin (3/2/2020).

Jalan tersebut merupakan akses kampung yang sebelumnya tertutup material longsor sepanjang 6 kilometer dari Kantor Desa Cisarua, Leuwi Jamang, dan Lebak Sanap.

Kemudian akses dari Desa Cisarua ke Kampung Cisalak, Sarongge, sampai Cihar sepanjang 15 kilometer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.