VIDEO: Luar Biasa, Detik-detik China Tuntaskan RS Corona 8 Hari

Kompas.com - 03/02/2020, 06:30 WIB
Rumah sakit khusus pasien corona mulai beroperasi Senin (3/2/2020). Global TimesRumah sakit khusus pasien corona mulai beroperasi Senin (3/2/2020).

KOMPAS.com - China membuktikan kemampuannya yang sanggup membangun rumah sakit khusus pasien corona, di Wuhan, Provinsi Hubei, hanya dalam hitungan hari.

Kendati kalah cepat satu hari ketimbang rumah sakit khusus pasien severe acute respiratory syndrome (SARS) di Beijing yang dibangun pada 2003 silam, tetapi pembuktian ini mendapat apresiasi tinggi.

Disiarkan secara langsung melalui saluran televisi pemerintah CCTV pada Minggu (2/2/2020), konstruksi akhir rumah sakit Huoshenshan meraup puluhan juta penonton.

Baca juga: Beroperasi Senin Besok, Konstruksi Rumah Sakit Corona Tuntas 8 Hari

Rumah sakit ini akan dikelola oleh militer China, People's Liberation of Army, dan mulai beroperasi serta menerima pasien khusus corona pada hari ini, Senin (3/2/2020).

Berikut video detik-detik penyelesaian rumah sakit Huoshenshan:

 

Berkapasitas 1.000 tempat tidur, rumah sakit Huoshenshan ini dikebut pembangunannya siang malam tanpa henti 24 jam.

Pembangunan fasilitas kesehatan ini melibatkan 700 personel manajerial dan 4.000 tenaga konstruksi.

Untuk diketahui, pekerjaan desain rumah sakit ini selesai pada 24 Januari, dengan total luas bangunan 33.900 meter persegi.

Baca juga: Rahasia China Sukses Bangun Rumah Sakit Secepat Kilat

Pada hari yang sama pula, lebih dari 100 ekskavator tiba di lokasi pembangunan rumah sakit Huoshenshan untuk meratakan tanah.

Konstruksi secara resmi dimulai pada 25 Januari, atau tepat hari pertama Tahun Baru China. Kemudian, pada tanggal 29 Januari kerangka kerja untuk lebih dari 300 kamar prefabrikasi mulai dipasang.

Sementara instalasi fasilitas medis dilakukan pada hari Sabtu (1/2/2020).

Menurut Global Times, lebih dari 80 juta pengguna internet menyaksikan penyelesaian pembangunan Huoshenshan melalui siaran langsung pada hari Minggu.

Banyak yang memandang penyelesaian rumah sakit ini sebagai simbol harapan. Sementara itu, rumah sakit kedua khusus pasien corona, Leishenshan, masih dalam proses konstruksi.

Tak hanya di Wuhan, kota-kota lain di China juga membangun rumah sakit serupa.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X