Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Baru Underpass Yogyakarta International Airport

Kompas.com - 31/01/2020, 20:41 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan underpass Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, Jumat, (31/1/2020).

Underpass tersebut dibangun dengan panjang 1,3 kilometer yang terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter dan jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

Selain terpanjang di Indonesia, underpass YIA pun dilengkapi dengan safety instruction berupa imbauan ketika pengendara melintasi terowongan tersebut.

Menariknya, safety instruction tersebut berupa rekaman suara dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang berbunyi “Hati-hati, 40 kilometer per jam, nyalakan lampu”.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja memastikan hal tersebut usai peresmian underpass YIA.

Baca juga: Setelah Diresmikan, Underpass YIA Akan Dijaga Petugas

“Beliau (Basuki) mengambil inisiatif untuk membuat pesan secara langsung dan direkam menggunakan telepon genggam, bukan direkam di studio,” ucap Endra.

Satu minggu sebelum peresmian underpass, Basuki mengecek safety instruction dengan tiga bahasa seperti bahasa Jawa, Indonesia, maupun Inggris namun tak terdengar jelas.

Sehingga, Basuki berinisiatif memberikan safety construction menggunakan suaranya sendiri.

Endra melanjutkan, rekaman tersebut dibuat untuk mengingatkan pengendara yang melintasi terowongan underpass YIA berhati-hati dengan kecepatan maksimal 40-60 kilometer per jam.

Selain itu, pengendara juga diwajibkan untuk menyalakan lampu kendaraan karena kondisi underpass YIA yang panjang, dan gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com