Kompas.com - 30/01/2020, 21:51 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebut mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam meningkatkan potensi pariwisata. 

Dukungan tersebut berupa pembangunan Jalur Lot Sembilan (JLS) dari pacitan hingga Malang bagian selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Jatim Sinarto menuturkan, pembangunan JLS ini sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu, dan menyisakan pekerjaan sekitar 20 kilometer hingga 50 kilometer lagi.

Baca juga: Menjejaki Daendels di Jalur Pantai Selatan Jawa

"JLS ini dikerjakan untuk meningkatkan potensi pariwisata pantai yang ada di daerah sekitar  Pacitan, Malang hingga Banyuwangi," kata Sinarto kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Menurut Sinarto, pembangunan JLS disambut baik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, karena relevan dengan pengembangan pariwisata Provinsi Jatim.

Selain JLS, upaya lain yang dikerjakan adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang bertugas melakukan pendekatan-pendekatan usaha, seperti bantuan yang disalurkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"BUMDes itu punya usaha kepariwisataan, kreatifnya dan sampai menjual atraksi-atraksi budaya. Banyak ya di sana sekarang, dari 321 desa wisata, yang sudah maju sekitar 26 desa," urai Sinarto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.