Rabu Ini, Kontrak Massal 1.300 Proyek Infrastruktur Ditandatangani

Kompas.com - 29/01/2020, 08:00 WIB
Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pengendali banjir hulu Sungai Citarum. Rosiana Haryanti/Kompas.comTerowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pengendali banjir hulu Sungai Citarum.

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan meresmikan Terowongan Nanjung, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (29/1/2020) pagi.

Selain meresmikan terowongan, Presiden juga dijadwalkan menyaksikan penandatanganan sekitar 1.300 kontrak paket pekerjaan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, acara penandatanganan tersebut akan diwakili oleh 100 pihak yang terlibat. Kegiatan itu dilakukan guna merespons instruksi Presiden untuk melakukan lelang dini.

Baca juga: Rabu Pagi, Presiden Resmikan Terowongan Nanjung

"Presiden sudah perintahkan, tahun 2020 dilakukan lelang dini supaya sub kontrak tidak hanya pada pertengahan atau akhir tahun anggaran," kata Basuki usai melakukan inspeksi Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Selasa (28/1/2020).

Menurut Basuki, Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Kementerian PUPR tahun 2020 mencapai Rp 120 triliun.

Kementerian PUPR sendiri pada tahun ini memiliki sekitar 7.000 paket pekerjaan dengan nilai total sekitar Rp 80 triliun.

Adapun tender pengerjaan sudah dilakukan sejak 4 November 2019 sehingga sudah bisa mulai dikerjakan pada Bulan Januari 2020.

"Jadi sejak Januari sudah bisa mulai bekerja, sudah kerja menyerap DIPA yang ada," ucap dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X