Mulai Senin 27 Januari 2020, Kendaraan ODOL Akan Ditindak Tegas

Kompas.com - 25/01/2020, 21:26 WIB
Kampanye SETUJU untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan tol. Dok. SEVP of Corporate Secretary PT Hutama Karya (Persero)Kampanye SETUJU untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Senin (27/1/2020), PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan penindakan tegas kepada pengemudi yang mengendarai kendaraan dengan kapasitas melebihi batas yang sudah ditentukan.

Penindakan tegas tersebut diberlakukan selama sepekan hingga 3 Februari 2020 di ruas-ruas tol kelolaan perseroan.

Ruas-ruas tol tersebut adalah Tol Medan-Binjai, Tol Palembang-Indralaya, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Kemudian, ruas Tol JORR Seksi S dan Tol Akses Tanjung Priok di Pulau Jawa.

Baca juga: Surat Menperin Tolak Indonesia Bebas ODOL Sangat Absurd

Untuk saat ini, Hutama Karya masih melakukan sosialisasi keselamatan berkendara di jalan tol sebagai bagian dari kampanye " SETUJU" atau selamat sampai tujuan.

Kampanye SETUJU yang diluncurkan pada Desember 2019 lalu, itu bekerja sama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR serta Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

Sosialisasi SETUJU akan terus dilakukan menyusul Nota Kesepahaman tentang Pelaksanaan Pelayanan Bersama, Pengamanan, dan Penegakkan Hukum Jalan Tol di Seluruh Indonesia antara BPJT Kementerian PUPR, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, ATI, dan Kepolisian RI.

"Kampanye SETUJU untuk mendukung Tahun Dekade Aksi Keselamatan di Jalan Tol dengan mengajak pengguna jalan tol sepakat bahwa keselamatan merupakan hal utama," ujar Vice President Hutama Karya J Aries Dewantoro, dalam keterangannya, Sabtu (25/1/2020).

Aries menuturkan, ada lima pesan dalam kampanye kali ini yaitu setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu, setuju untuk turunkan fatalitas kecelakaan di jalan tol, dan setuju untuk tertib kecepatan berkendara di jalan tol.

Berikutnya setuju untuk tertib berkendara di jalan tol, dan setuju untuk tertib over dimensi over load menuju zero ODOL di jalan tol.

“Jadi, penindakan tegas ini sesuai dengan pesan terakhir dari lima aksi setuju yaitu setuju untuk tertib ODOL untuk menuju zero ODOL di jalan tol," ucap Aries.

Hutama Karya akan terus menggaungkan "SETUJU" bersama dengan BUJT lainnya hingga akhir tahun 2020 agar zero ODOL terwujud.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X