Mundur dari Rencana, 3 Ruas Tol Ini Diresmikan Maret 2020

Kompas.com - 25/01/2020, 07:00 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung Dokumentasi Jasamarga Manado BitungJalan Tol Manado-Bitung

DEPOK, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, tiga ruas tol yang sebelumnya dijadwalkan akan diresmikan pada Januari, mundur menjadi Maret tahun 2020 ini.

Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Manado-Bitung, Tol Palembang-Kayuagung, dan Tol Pekanbaru-Dumai.

“Iya, bulan Maret,” tegas Basuki usai meninjau pembangunan progres pembangunan Univesitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020).

Peresmian ketiga ruas tol tersebut meleset dari rencana semula karena bencana alam longsor dan banjir yang terjadi di beberapa daerah.

Baca juga: Januari, Tiga Jalan Tol Baru Siap Diresmikan Jokowi

Mengutip data Kementerian PUPR, Jalan Tol Manado-Bitung (Mabit) dirancang sepanjang 39,9 kilometer.

Jalan bebas hambatan tersebut dibangun dalam dua seksi, yaitu seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sedangkan, seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Untuk seksi 2, Tol Air Manado-Bitung ini dibangun menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun.

Dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi seksi 1 sebesar Rp 3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Manado-Bitung.

Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini akan menjadi faktor pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado–Bitung–Likupang yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X