Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mundur dari Rencana, 3 Ruas Tol Ini Diresmikan Maret 2020

Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Manado-Bitung, Tol Palembang-Kayuagung, dan Tol Pekanbaru-Dumai.

“Iya, bulan Maret,” tegas Basuki usai meninjau pembangunan progres pembangunan Univesitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020).

Peresmian ketiga ruas tol tersebut meleset dari rencana semula karena bencana alam longsor dan banjir yang terjadi di beberapa daerah.

Mengutip data Kementerian PUPR, Jalan Tol Manado-Bitung (Mabit) dirancang sepanjang 39,9 kilometer.

Jalan bebas hambatan tersebut dibangun dalam dua seksi, yaitu seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sedangkan, seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Untuk seksi 2, Tol Air Manado-Bitung ini dibangun menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun.

Dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi seksi 1 sebesar Rp 3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Manado-Bitung.

Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini akan menjadi faktor pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado–Bitung–Likupang yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Manado-Bitung-Likupang merupakan salah satu dari lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas yang akan dikembangkan pada tahun 2020.

Sementara Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dikerjakan dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero). Jalan ini membentang sepanjang 131,4 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi.

Keenam seksi tersebut yakni Seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas-Petapahan/Kandis Selatan sepanjang 24 kilometer, dan Seksi III Petapahan-Kandis Utara sepanjang 17 kilometer.

Seksi IV Kandis-Duri Selatan sepanjang 26 kilometer, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 28 kilometer, dan Seksi VI Duri Utara-Dumai sepanjang 25 kilometer.

Sedangkan, untuk Jalan Tol Palembang-Kayu Agung-Betung didesain sepanjang 111,69 kilometer.

Tol Kayu Agung–Palembang–Betung dibangun dengan biaya sebesar Rp 9,84 triliun yang terbagi menjadi 3 seksi yakni Seksi I Kayu Agung–Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer.

Seksi II Jakabaring–Muslindas sepanjang 24,9 kilometer dan Seksi III Muslindas–Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Sebelumnya, ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 telah dibuka untuk umum pada awal November lalu sepanjang 33,5 kilometer.

Adapun panjang keseluruhan kedua seksi tersebut 69,19 kilometer.

https://properti.kompas.com/read/2020/01/25/070000621/mundur-dari-rencana-3-ruas-tol-ini-diresmikan-maret-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke