Inspirasi Desain Apartemen Tipe 18 Meter Persegi

Kompas.com - 19/01/2020, 09:00 WIB
Desain apartemen sempit dengan dominasi warna terang.
DekorumaDesain apartemen sempit dengan dominasi warna terang.

KOMPAS.com - Bila dibandingkan dengan rumah tapak, mayoritas ukuran dan luas apartemen sedikit lebih kecil, bahkan untuk ukuran paling standar sekalipun.

Rumah tapak paling standar memiliki ukuran 21 meter persegi hingga 36 meter persegi. Sementara apartemen tipe studio di kota-kota besar Indonesia, berdimensi 18 meter persegi hingga 30 meter persegi.

Perbedaan lainnya adalah, rumah tapak yang paling kecil sekalipun masih memiliki halaman, sedangkan apartemen tidak memiliki halaman (tanah) karena konsepnya rumah bersusun.

Untuk mengakali keterbatasan ruangan di apartemen, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan.

Bukan cuma pemilihan furnitur fungsional dan penataan barang-barang yang teratur, palet warna juga berpengaruh besar dalam membuat apartemen terasa lebih luas.

Ditambah dengan pencahayaan yang melimpah, warna-warna terang ini akan memberikan kesan lapang, terang, dan tidak membuat penghuni apartemen terasa terkurung di dalamnya.

Berikut inspirasi yang bisa dilakukan di apartemen tipe studio:

1. Cat dinding terang

Cat dinding terangDekoruma Cat dinding terang
Menjadi salah satu bagian yang paling mendominasi di dalam sebuah ruangan, efek apartemen berukuran kompak dengan kesan luas, dimulai dari pemilihan cat dinding yang tepat dan berwarna terang.

Umumnya penghuni apartemen menggunakan warna-warna monokromatik, netral, atau earthy sebagai pilihan yang paling aman dan hampir tidak pernah salah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X