Di Ibu Kota Baru, Kementerian PUPR akan Bangun 3 Bendungan

Kompas.com - 10/01/2020, 21:30 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Pasar Johar di Semarang, Minggu (29/12/2019). Hilda B Alexander/Kompas.comMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Pasar Johar di Semarang, Minggu (29/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, di kawasan Ibu Kota Negara ( IKN) di Kalimantan Timur akan dibangun tiga bendungan.

"Rencana kalau dari Kementerian PUPR ada tiga, satu bendungan besar (Batu Lepek) dan yang kecil-kecil saya lupa namanya di dalam kawasannya," ucap Basuki, di Kementerian PUPR, Jumat, (10/1/2020).

Bendungan Besar yang diberi nama Batu Lepek tersebut berfungsi sebagai peyimpan cadangan air bersih, sedangkan kedua bendungan kecil lainnya digunakan untuk lingkungan.

Baca juga: Pembangunan Ibu Kota Baru Tunggu UU IKN Terbit

Kendati demikian, Basuki mengaku belum memiliki rencana strategis untuk mencegah banjir terjadi di IKN.

Sebagaimana kita ketahui pada Rabu (1/1/2020) lalu, Jakarta sebagai ibu kota Indonesia terendam banjir.

"Ya itu, nanti lah," ucap Basuki singkat.

Adapun lokasi kawasan Ibukota Negara (IKN) baru terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sedangkan, Istana Presiden akan berlokasi di puncak bukit di wilayah Sepaku, Kalimantan Timur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X