Sisi Gelap Desain Kantor Modern yang Dianggap Ramah Milenial

Kompas.com - 09/01/2020, 13:59 WIB
Sisi Gelap Desain Kantor Modern yang Dianggap Ramah Milenial ft.comSisi Gelap Desain Kantor Modern yang Dianggap Ramah Milenial

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Senior Keuangan perusahaan start-up MoneyHub Selandia Baru Christopher Walsh terkejut dengan temuannya atas penataan desain ruang di kantor modern WeWork di London, Inggris, musim panas lalu.

Ia menemukan desain penataan meja atau hot-desk yang biasa digunakan di ruang kerja modern, berbeda dengan penataan meja kerja di kantor kontemporer.

Hot-desk merupakan ruang kerja di kantor modern yang dipilih sesuai dengan keinginan Anda. Cukup pilih tempat duduk terbuka di area ruang kerja di gedung Anda bekerja yang lebih fleksibel. 

Sistem penataan meja seperti hot-desk biasanya terhubung dengan bar yang memilki penataan lampu gantung besar. 

Dalam kantor berdesain modern seperti WeWork, Anda juga lebih leluasa untuk membawa serta anak bekerja dan membiarkannya bermain video game duduk di samping Anda.

Menurut Walsh, desain kantor modern yang ia temukan memberikan efek kekacauan pada keramaian yang ada. Hal ini membuat pekerja terpecah konsentrasi.

Namun, Walsh tak menampik bahwa peningkatan pesat beberapa kantor yang ingin didesain modern sedemikian rupa juga diikuti oleh penurunan yang drastis.

Hal tersebut disebabkan karena beberapa kantor justru membatalkan rencananya untuk mendesain kantor terlihat modern dan memilih desain kantor kontemporer yang dinilai lebih baik.

Desain kantor kontemporer memungkinkan para pekerja mendapatkan pembagian meja yang sesuai maupun kepadatan pekerja lebih tinggi sehingga memungkinkan adanya interaksi antar sesama pekerja.

Baca juga: Desain Kantor Ini Memungkinkan Semua Gerakan Karyawannya Terlihat

Di sisi lain, Walsh menemukan bahwa beberapa kantor justru mengurangi ruang untuk pekerja dan membagi meja sesuai dengan pekerjaan masing-masing.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X