Pasar Apartemen Stagnan, Konsumen Butuh Diskon

Kompas.com - 09/01/2020, 12:51 WIB
apartemen menjadi alternatif hunian di tengah keterbatasan lahan perkotaan Shutterstockapartemen menjadi alternatif hunian di tengah keterbatasan lahan perkotaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar apartemen strata pada kuartal IV-2019 mengalami tambahan pasokan sejumlah 2.458 unit atau meningkat 4,8 persen secara tahunan

Meski demikian, tingkat serapan pada kuartal terakhir 2019 masih di angka 87,2 persen.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto menuturkan, hal ini menyebabkan harga jual cenderung stagnan, yakni di angka Rp 34,8 juta per meter persegi.

Akibatnya performa penjualan tak sesuai ekspektasi.

Baca juga: Penjualan Seret, Pasokan Melimpah, Harga Apartemen Tak Kunjung Naik

Menurut Ferry, tekanan pada kinerja penjualan terjadi karena pembeli potensial atau investor menahan diri untuk tidak melakukan transaksi karena masih ada sentimen negatif, meski pasar saat ini mencoba pulih pasca-pemilu.

Pemerintah sendiri juga telah melakukan beberapa upaya agar pasar kembali bergairah, antara lain dengan menurunkan ketentuan uang muka (down payment) melalui pelonggaran kebijakan rasio loan to value (LTV).

Selain itu, pemerintah juga telah merelaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) bagi hunian mewah yang nilainya di bawah Rp 30 miliar. Tetapi upaya ini belum membuat permintaan kredit meningkat.

"Pasar end user mereka terkendala suku bunga yang tinggi. Biasanya butuh waktu 6-12 bulan agar bank-bank menyesuaikan interest rate-nya," kata Ferry di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Ferry menjelaskan, konsumen berharap adanya stimulus fiskal dari pemerintah. Kemudian adanya pengurangan mortgage rate, serta pemberian bonus maupun diskon.

Jika satu dari tiga hal tersebut terjadi, maka akan ada peningkatan dalam aktivitas penjualan.

Dia menuturkan, di pasar, konsumen membutuhkan diskon yang lebih besar. Hanya saja, terkadang proses pengajuan ini dipersulit oleh pengembang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X