Pemerintah Buka Isolasi Desa Tertimbun Longsor di Bogor

Kompas.com - 05/01/2020, 21:01 WIB
Kementerian PUPR menambah alat berat untuk membuka Desa Sukajaya Bogor yang terisolasi akibat longsor. Dokumentasi Kementerian PUPRKementerian PUPR menambah alat berat untuk membuka Desa Sukajaya Bogor yang terisolasi akibat longsor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljon menambah alat berat untuk setiap desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, yang terisolasi akibat longsor.

Hal tersebut dilakukan atas arahan Presiden Joko Widodo agar akses menuju Kecamatan Sukajaya segera dibuka.

"Ini ada beberapa desa yang terisolasi. Untuk itu saya buat dua tim. Kalau Bapak Presiden Jokowi kasih waktu seminggu, itu insyaAllah bisa tembus," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, usai meninjau lokasi longsor untuk memastikan peralatan berat berfungsi optimal pada Minggu, (5/1/2020).

Baca juga: Lawakan Tak Lucu Awal Tahun: Normalisasi versus Naturalisasi

Basuki mengatakan 11 kendaraan alat berat akan diterjunkan untuk menembus jalan-jalan utama yang tertutup longsor di Sukajaya.

Sejak Sabtu, (4/1/2020), Kementerian PUPR telah mengirimkan alat berat ke lokasi longsor di Kecamatan Sukajaya, yaitu 6 ekskavator, 1 loader, dan 1 buldoser.

"Metodenya, setelah satu jalur menuju Sukajaya tembus, selanjutnya alat berat ini langsung berangkat ke desa berikutnya, kemudian kendaraan di belakang masuk untuk membersihkan," jelas Basuki.

Dia menargetkan, jalan utama menuju Desa Pasir Madang bisa selesai dan dapat diakses mulai Senin, (6/1/2020) sore.

Desa Pasir Madang merupakan salah satu dari 6 desa yang terisolasi akibat longsor.

Baca juga: Presiden Instruksikan Daerah Terisolasi Banjir dan Longsor di Bogor Dibuka Aksesnya

Selain Desa Pasir Madang, masih banyak titik longsor yang menutup jalan-jalan utama menuju desa lainnya seperti Desa Kiarasari, Kiara Pandak, Urug, Cisarua, dan Desa Cileuksa.

Sebagian akses jalan kini sudah terbuka, yakni Jalan Raya Cigudeg, Kecamatan Sukajaya,  sepanjang 7 kilometer, Posko Utama-Sub Pos Harkat Jaya sepanjang 2 kilometer, dan ruas Jalan Kiarasari-Jalan Pasir Madang sudah berhasil dibuka 4 titik dari 13 titik longsor

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X