Kompas.com - 02/01/2020, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Toll Road Business Astra Infra Group Krist Ade Sudiyono memastikan seluruh ruas tol yang dimiliki dan dikelola perusahaan aman dilintasi pada hari kedua Tahun 2020 ini.

"Dari laporan teman-teman di lapangan, semua ruas tol Astra Infra saat ini semua bisa dilintasi dengan aman," kata Krist kepada Kompas.com, Kamis (2/1/2020).

Menurut Krist, meski salah satu ruas yakni Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sempat terendam banjir di KM 136+200 pada 31 Desember 2019, namun segera diantisipasi dan kembali normal pada malam harinya.

Untuk mengantisipasi potensi genangan pada masa-masa mendatang akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, Astra akan tetap mengerahkan petugas patroli, dan petugas lapangan.

Baca juga: Tol Cipali Terendam Banjir 1 Jam, Pengelola Minta Maaf

Mereka diinstruksikan untuk terus memantau kondisi lalu lintas selama 24 jam dengan pembagian tiga waktu kerja (shift).

"Kebetulan ruas tol milik kami semuanya tol luar kota, mudah-mudahan hujan deras tidak terlalu berdampak," imbuh Krist.

Hingga saat ini Astra Infra mengelola 350 kilometer jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Masing-masing Tol Tangerang-Merak sepanjang 72,5 kilometer, dan Tol Cipali 116,75 kilometer.

Kemudian Tol Semarang-Solo 72,6 kilometer, Tol Jombang-Mojokerto 40,5 kilometer dan ruas Tol Surabaya-Mojokerto 36,3 kilometer.

Sementara Tol Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 kilometer baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 6 Desember 2019.

Tol Kunciran-Serpong merupakan bagian dari Jaringan Tol JORR 2 yang mencakup tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran dengan panjang 14,2 kilometer, Kunciran-Serpong (11,2 kilometer).

Kemudian ruas Serpong-Cinere (10,1 kilometer), Cinere-Jagorawi (14,7 kilometer), Cimanggis-Cibitung (25,2 kilometer), dan Cibitung-Cilincing (34 kilometer).

Hingga saat ini, baru dua ruas yang beroperasi yakni Cinere-Jagorawi dan Kunciran Serpong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.