Jakarta Banjir, Pemerintah Gratiskan Tol Dalam Kota

Kompas.com - 01/01/2020, 19:33 WIB
Ilustrasi tarif tol dalam kota KOMPAS.com/StanlyIlustrasi tarif tol dalam kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Musibah banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (1/1/2020) membuat arus lalu lintas di jalan bebas hambatan terganggu. Banjir juga menggenangi beberapa ruas Tol Dalam Kota.

Hal ini membuat pemerintah beserta badan usaha jalan tol (BUJT) pengelola ruas tol yang mengalami banjir membebaskan tarif tol.

Pembebasan tarif dilakukan mulai Rabu pukul 18.00 WIB hingga Kamis (2/1/2020) pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Banjir, Sejumlah Gerbang Tol Ditutup Sementara

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com  mengatakan ruas tol yang digratiskan adalah Tol Cawang-Grogol-Tomang yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Kemudian Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

Danang menuturkan, pembebasan biaya tersebut dilakukan sambil menunggu perkembangan kondisi lapangan hingga surutnya banjir dan genangan di jalan tol.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Djoko Sapto mendukung upaya tersebut.

"Saat ini juga di jalan tol yang dikelola oleh CMNP telah dimasuki oleh kendaraan roda dua karena jalan di arteri tidak dapat dilintasi akibat dari banjir yang melanda Jakarta. Kami juga terus berusaha untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jalan," kata Djoko.

Baca juga: Pengelola Klaim Banjir Tol Cipali Akibat Luapan Air Sungai Cilalanang

Selain memberikan insentif, BUJT melakukan sejumlah upaya antara lain menyedot air dengan pompa, menyiagakan perambuan, menempatkan petugas di lokasi sebelum genangan.

Lebih lanjut, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menambahkan, pihaknya juga memberikan sosialisasi mengenai informasi terkini genangan air di jalan tol yang dikelola.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X