Siap-siap, Semester II-2020 Digelar Sayembara Desain Bangunan IKN

Kompas.com - 23/12/2019, 14:02 WIB
Pemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan IKN, Nagara Rimba Nusa Kompas.com./HildaAlexanderPemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan IKN, Nagara Rimba Nusa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja mengumumkan pemenang sayembara gagasan desain kawasan ibu kota negara (IKN) baru, Senin (23/12/2019).

Terpilih sebagai desain terbaik adalah lima karya masing-masing "Nagara Rimba Nusa" sebagai pemenang pertama, "The Infinite City" sebagai pemenang kedua, "dan "Kota Seribu Galur" juara ketiga.

Sementara "Zamrud Khatulistiwa" diganjar sebagai pemenang harapan I, dan "Banua Rakyat Nusantara" pemenang harapan II.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan desain pemenang ini hanyalah  sebuah sayembara pada tingkat gagasan, yang masih harus ditindaklanjuti menjadi suatu desain kawasan yang representatif untuk sebuah IKN baru.

"Pada Sementer II tahun 2020 nanti, kami akan menggelar sayembara desain bangunan di IKN. Bisa bangunan istana presiden, gedung-gedung lembaga eksekutif, Gedung MPR/DPR, lembaga yudikatif, dan lain-lain," tutur Basuki.

Baca juga: Inilah Para Pemenang Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negara

Sayembara ini dilakukan baik secara terbuka maupun terbatas, setelah penetapan lokasi dan kebutuhan bangunan-bangunan khusus dan/atau prioritas, termasuk bagi perumahan ASN yang akan mulai dibangun pada awal tahun 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk itu, diperlukan beberapa rencana aksi yang memerlukan dukungan dari semua pihak," imbuh Basuki.

Rencana aksi tersebut adalah pelaksanaan sinergi desain untuk penajaman dan pendalaman urban design, khususnya pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan luas area 4.000-6.000 hektar.

Basuki menargetkan penyusunan urban design  ini selesai pada Semester ke-I tahun 2020.

Kemudian sinergi desain kawasan IKN dengan menggabungkan ide-ide dari tiga pemenang terbaik. Hal ini dilakukan supaya kualitas urban design  IKN yang dihasilkan lebih mumpuni.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X