SMF Catat Kenaikan Penyaluran KPR Rp 1,38 Triliun

Kompas.com - 20/12/2019, 10:13 WIB
Ilustrasi. Ada cara mudah meningkatkan nilai jual rumah. www.shutterstock.comIlustrasi. Ada cara mudah meningkatkan nilai jual rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mencatat peningkatan kinerja hingga November 2019.

Hal ini tecermin dari kenaikan jumlah penyaluran pembiayaan KPR seiring optimalisasi peran SMF sebagai special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan.

Pinjaman yang disalurkan kepada penyalur KPR telah mencapai Rp 1,38 triliun atau setara dengan pembiayaan 42.600 rumah melalui 12 lembaga penyalur.

Sekretaris Perusahaan SMF Bonai Subiakto mengutarakan hal itu kepada Kompas.com, Kamis (19/12/2019), di Jakarta.

"Pencapaian ini meningkat dibanding periode yang sama tahun 2018 yang tercatat Rp 948 miliar untuk 28.900 rumah," jelas Bonai.

Baca juga: SMF dan BTN Terbitkan EBA-SP SMF-BTN05 Senilai Rp 2 Triliun

Adapun target yang dibebankan pemerintah kepada SMF untuk tahun 2019 ini adalah sebanyak 68.000 rumah.

Dari sisi pendapatan, hingga September 2019, SMF mencatat realisasi sebesar Rp 1,1 triliun dari total target Rp 1,7 triliun.

Tiga program

Sementara untuk 2020, SMF yang telah mendapat penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 2,5 triliun akan melaksanakan tiga program andalan.

Pertama, program Penurunan Beban Fiskal pada program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebesar Rp 1,75 triliun.

Kedua, program KPR pasca-bencana sebesar Rp 250 miliar. Ketiga, progam KPR untuk ASN, TNI, dan POLRI sebesar Rp 500 miliar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X