Tol Pertama di Ibu Kota Baru Tersambung Seluruhnya April 2020

Kompas.com - 17/12/2019, 19:05 WIB
Kondisi Gerbang Tol Samboja, bagian dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDERKondisi Gerbang Tol Samboja, bagian dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh seksi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur sepanjang 99,35 kilometer tersambung pada April 2020.

Sementara yang sudah diresmikan pada Selasa (17/12/2019) tadi siang, baru tiga seksi yakni Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa (30,975 kilometer), Seksi III ruas Muara Jawa-Palaran (17,300 kilometer), dan Seksi IV Palaran-Samarinda (17,550 kilometer).

"Sisa Seksi I dan V akan diselesaikan pada April 2020," imbuh Jokowi.

Adapun Seksi I  dan Seksi V yang dimaksud adalah ruas Km 13-Samboja (22,025 kilometer) dan Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,500 kilometer).

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Kalimantan. Jokowi mengharapkan kehadiran tol ini dapat menciptakan efisiensi logistik, memperlancar mobilitas jasa dan orang, serta efisiensi waktu.

Baca juga: Tol Ibu Kota Baru Bakal Dilintasi 10.000 Pengendara

Jika biasanya melalui jalan nasional waktu tempuh Balikpapan-Samarinda sekitar 3 jam, dengan beroperasinya tol ini bisa dipangkas menjadi hanya satu jam.

Menurut Jokowi, ada tiga peran strategis dari kehadiran jalan yang konsesinya dipegang PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS).

Pertama memperlancar konektivitas , dan bisnis antar dua kota Balikpapan-Samarinda. Kedua, ketersambungan dengan kawasan industri komoditas kelapa sawit, minyak, dan gas, yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

Jalan tol ini juga akan diperpanjang hingga masuk ke kawasan ibu kota negara (IKN) baru, sehingga pada 2020 jalan di IKN sudah siap.

Ketiga, jalan ini menjadi nilai plus karena tersambung dengan dua bandara, yakni Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan Bandara AP Pranoto.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X