Tol Pertama Kalimantan Diresmikan, Balikpapan-Samarinda Jadi Satu Jam

Kompas.com - 17/12/2019, 14:01 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang menjadi akses menuju lokasi ibu kota baru, Selasa (17/12/2019) siang. KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo meresmikan jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang menjadi akses menuju lokasi ibu kota baru, Selasa (17/12/2019) siang.

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (17/12/2019), Tol Balikpapan-Samarinda diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Peresmian tol pertama di Kalimantan ini dilakukan di Gerbang Tol ( GT) Semboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Diawali ucapan hamdalah, Jokowi memastikan Seksi II, III, dan IV sepanjang 58,7 kilometer dari total 99,35 kilometer bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Sisa Seksi I dan V akan diselesaikan pada April 2020," imbuh Jokowi.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Kalimantan. Jokowi mengharapkan kehadiran tol ini dapat menciptakan efisiensi logistik, memperlancar mobilitas jasa dan orang, serta efisiensi waktu.

Baca juga: VIK Merapah Trans-Sumatera, Panduan Lengkap Libur Natal dan Tahun Baru Anda

Jika biasanya melalui jalan nasional waktu tempuh Balikpapan-Samarinda sekitar 3 jam, dengan beroperasinya tol ini bisa dipangkas menjadi hanya satu jam.

Menurut Jokowi, ada tiga peran strategis dari kehadiran jalan yang konsesinya dipegang PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS).

Kondisi Gerbang Tol Samboja, bagian dari Jalan Tol Balikpapan-SamarindaKOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Kondisi Gerbang Tol Samboja, bagian dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda
Pertama, memperlancar konektivitas , dan bisnis antar dua kota Balikpapan-Samarinda. Kedua, ketersambungan dengan kawasan industri komoditas kelapa sawit, minyak, dan gas, yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

Jalan tol ini juga akan diperpanjang hingga masuk ke kawasan ibu kota negara (IKN) baru, sehingga pada 2020 jalan di IKN sudah siap.

Ketiga, jalan ini menjadi nilai plus karena tersambung dengan dua bandara, yakni Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan Bandara AP Pranoto.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X