KALEIDOSKOP: Jalan Tol yang Diresmikan Jokowi Sepanjang Tahun 2019

Kompas.com - 15/12/2019, 16:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019). Peresmian didampingi oleh Dirut PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri BUM Rini M Soemarno. Dokumentasi Jasa MargaPresiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019). Peresmian didampingi oleh Dirut PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri BUM Rini M Soemarno.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur memang menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Infrastruktur khususnya sektor konektivitas makin gencar dilakukan.

Tahun 2018 lalu, Presiden Jokowi telah meresmikan 21 ruas tol mulai dari Sumatera hingga di Jawa.

Pada tahun ini, kepala negara juga tercatat meresmikan beberapa jalan tol antara lain Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Pasuruan-Probolinggo, Pandaan-Malang.

Ada pula Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kunciran-Serpong, dan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Berikut informasi lengkapnya:

1. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Jumat (8/3/2019). Prosesi seremoni berlangsung di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan.

Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera ini dibangun sepanjang 140,9 kilometer, serta terbagi atas sembilan subseksi.

Baca juga: VIK Merapah Trans-Sumatera, Panduan Lengkap Libur Natal dan Tahun Baru Anda

Pembangunannya menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun yang diperoleh dari 52 persen ekuitas melalui PMN senilai Rp 2,21 triliun serta obligasi yang diterbitkan Hutama Karya Rp 6,5 triliun.

Adapun sisanya diperoleh dengan pinjaman tujuh sindikasi perbankan yakni Bank Mandiri, BNI, BCA, CIMB Niaga, Maybank, Bank Permata, dan Bannk ICBC dengan total nilai sebesar Rp 8,078 triliun.

Tak seperti seremoni peresmian pada umumnya, acara ini diwarnai dengan aksi seorang ibu yang menerobos pengamanan Paspamres dan nekat naik ke atas podium tempat Presiden Jokowi berdiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X