Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Istilah dan Fungsi Perangkat Rumah Pintar

Kompas.com - 02/12/2019, 22:09 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengubah rumah Anda menjadi rumah pintar adalah cara yang tepat untuk menghemat energi, dan uang. Dengan sedikit waktu, persiapan dan pekerjaan rumah dapat dengan mudah terselesaikan.

Anda dapat mengumpulkan informasi dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memanfaatkan sepenuhnya opsi otomatisasi hemat uang dan energi yang tersedia yang pastinya cocok untuk rumah Anda.

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak terlalu berorientasi teknologi. Banyak ahli yang dapat bekerja melalui proses pengambilan keputusan dan instalasi akhir setelah Anda memahami apa yang diinginkan mengenai sistem rumah pintar.

Tetapi Anda perlu mengumpulkan beberapa informasi penting sebelum memulai proses itu.

Istilah perangkat rumah pintar atau smart-home technology dan perangkat rumah terhubung atau smart-home devices kadang-kadang digunakan bersamaan, tetapi keduanya merupakan dua konsep yang berbeda.

Baca juga: Schneider Luncurkan Sistem Rumah Pintar Rp 10 Juta

Perangkat pintar adalah perangkat yang dapat diprogram untuk rumah pintar, dan perangkat terhubung adalah alat-alatnya atau apa yang mengontrol perangkat dari rumah pintar. Perangkat pintar dapat mengontrol perangkat rumah terhubung dengan otomatis.

Perangkat rumah pintar dapat digunakan untuk mematikan peralatan penghisap energi serta pemanas ruangan, pendingin ruangan, sistem penerangan, dan mesin cuci dan pengering khususnya peralatan yang memiliki konsumsi daya listrik tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com