Kompas.com - 02/12/2019, 22:09 WIB
Ketahui Beda Perangkat Rumah Pintar dan Terhubung Untuk Rumah seattletimes.comKetahui Beda Perangkat Rumah Pintar dan Terhubung Untuk Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengubah rumah Anda menjadi rumah pintar adalah cara yang tepat untuk menghemat energi, dan uang. Dengan sedikit waktu, persiapan dan pekerjaan rumah dapat dengan mudah terselesaikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda dapat mengumpulkan informasi dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk memanfaatkan sepenuhnya opsi otomatisasi hemat uang dan energi yang tersedia yang pastinya cocok untuk rumah Anda.

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak terlalu berorientasi teknologi. Banyak ahli yang dapat bekerja melalui proses pengambilan keputusan dan instalasi akhir setelah Anda memahami apa yang diinginkan mengenai sistem rumah pintar.

Tetapi Anda perlu mengumpulkan beberapa informasi penting sebelum memulai proses itu.

Istilah perangkat rumah pintar atau smart-home technology dan perangkat rumah terhubung atau smart-home devices kadang-kadang digunakan bersamaan, tetapi keduanya merupakan dua konsep yang berbeda.

Baca juga: Schneider Luncurkan Sistem Rumah Pintar Rp 10 Juta

Perangkat pintar adalah perangkat yang dapat diprogram untuk rumah pintar, dan perangkat terhubung adalah alat-alatnya atau apa yang mengontrol perangkat dari rumah pintar. Perangkat pintar dapat mengontrol perangkat rumah terhubung dengan otomatis.

Perangkat rumah pintar dapat digunakan untuk mematikan peralatan penghisap energi serta pemanas ruangan, pendingin ruangan, sistem penerangan, dan mesin cuci dan pengering khususnya peralatan yang memiliki konsumsi daya listrik tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.