Tol Pekanbaru-Dumai Dipastikan Beroperasi Maret 2020

Kompas.com - 02/12/2019, 16:48 WIB
Pekerja beraktivitas di lokasi proyek Tol Pekanbaru-Dumai, di Provinsi Riau, Selasa (13/3/2018). Perkembangan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,475 km, yang dikerjakan PT Hutama Karya ini, progresnya mencapai sekitar 8,95 persen berdasarkan data Kementerian BUMN. Pekerjaan yang dilakukan kini berupa pembersihan lahan, pekerjaan tanah, box culvert, dan pekerjaan solid sodding. ANTARA FOTO/FB ANGGOROPekerja beraktivitas di lokasi proyek Tol Pekanbaru-Dumai, di Provinsi Riau, Selasa (13/3/2018). Perkembangan konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,475 km, yang dikerjakan PT Hutama Karya ini, progresnya mencapai sekitar 8,95 persen berdasarkan data Kementerian BUMN. Pekerjaan yang dilakukan kini berupa pembersihan lahan, pekerjaan tanah, box culvert, dan pekerjaan solid sodding.

JAKARTA, KOPAS.com - Ruas tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan siap beroperasi pada Maret 2020.

Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan menuturkan, ruas tol yang dibangun sepanjang 131 kilometer tersebut terbagi menjadi 6 seksi.

"Progres pembangunan konstruksi rata-rata mencapai 77 persen," ucap Fauzan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (2/12/2019).

Dia menambahkan, seksi 1 dibangun sepanjang 9,5 kilometer, direncanakan rampung pada akhir tahun 2019.

Kemudian seksi 2,3, dan 4 masih dalam tahap penyelesaian pembebasan lahan. Sedangkan proses pembebasan lahan seksi 5 dan 6 telah selesai, sehingga dapat dikebut untuk pembangunan konstruksi berikutnya.

Baca juga: Fantastis, Tol Trans Sumatera Operasional Tahun Ini 501 Kilometer

Selain membangun konstruksi fisik jalan tol, Hutama Karya juga mendirikan enam perlintasan gajah di ruas tol ini. Perlintasan tersebut berada di sksi 4 tepatnya di wilayah Kandis Utara dan Duri Selatan.

Pembangunan perlintasan gajah ini dilakukan karena wilayah tersebut merupakan daerah jelajah gajah.

Selain ruas Tol Pekanbaru-Dumai, perusahaan juga sedang melakukan pembangunan konstruksi ruas Tol Padang-Sicincin di seksi 5 sepanjang 29 kilometer.

Fauzan menuturkan, saat ini, ruas tol tersebut masih dalam tahap pembebasan lahan. Dengan demikian, diharapkan pada 20202 mendatang, pembanguan konstruksi dapat dilakukan secara penuh.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X